Hingga Februari, Lifting Migas Capai 90% dari Target

Image title
11 Maret 2019, 15:53
Rig Migas Lepas Pantai Pertamina Hulu Energi
Katadata

Kinerja lifting minyak dan gas bumi (migas) atau produksi migas siap jual dalam dua bulan pertama tahun ini masih belum mencapai target tahun ini. Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) optimistis lifting migas akan bertambah besar mulai akhir bulan ini.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Wisnu Prabawa Taher menyebutkan lifting minyak hingga akhir Februari tahun ini sebesar 735 ribu barel per hari (bopd). Sementara produksinya di level 768 ribu bopd. Untuk produksi minyak ini masih terdapat stok sebanyak 6 juta barel.

Sedangkan lifting gas yakni 1.070 ribu barel setara minyak per hari (boepd). "Secara keseluruhan (lifting minyak dan gas) capaian tersebut sebesar 90% dari target," kata Wisnu kepada Katadata.co.id, akhir pekan lalu.

(Baca: Awal Tahun, Lifting Minyak di Wilayah Sumbagut Lampaui Target)

Adapun tiga kontraktor migas penyumbang lifting minyak terbesar adalah ExxonMobil Cepu Ltd sebesar 219 ribu bopd, PT Chevron Pacific Indonesia 197 ribu bopd, Pertamina EP 74 ribu bopd. Sementara itu untuk tiga besar KKKS yang menyumbangkan lifting gas bumi terbesar yakni BP Berau Ltd sebesar 187 ribu boepd, ConocoPhillips Grissik sebesar 144 ribu boepd dan Pertamina EP sebesar 139 ribu boepd.

Menurutnya, ada beberapa proyek migas yang rampung dan akan berproduksi (on stream) mulai akhir bulan ini. Dengan begitu, produksi dan lifting migas akan meningkat. “Diharapkan pada Kuartal-II 2019 performa capaian (lifting migas) dapat lebih baik," kata Wisnu.

(Baca juga: SKK Migas Pastikan 2 Proyek Migas Berproduksi di Kuartal I-2019)

Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019, target lifting minyak dipatok sebesar 775 ribu bph dan lifting gas sebesar 1,250 juta boepd. Adapun dalam rencana kerja dan anggaran (Work Plan and Budget /WPNB) kontraktor migas tahun ini, proyeksi lifting minyak sebesar 784.527 bph dan lifting gas 1,261 juta boepd.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...