Gangguan Sistem Facebook Dkk Terparah Sejak 2004

Cindy Mutia Annur
14 Maret 2019, 17:25
Ilustrasi Facebook
Katadata
Gangguan sistem Facebook, Instagram, Whatsapp, dan Messenger pada hari ini (14/3) terjadi selama lebih dari 12 jam dan memengaruhi pengguna keempat platform tersebut di seluruh dunia.

Gangguan sistem Facebook, Instagram, Whatsapp, dan Messenger pada hari ini (14/3) merupakan yang paling luas dan terlama sejak 2004. Gangguan terjadi selama lebih dari 12 jam dan memengaruhi pengguna keempat platform tersebut di seluruh dunia.

Berdasarkan data Down Detector, Facebook mengalami gangguan sejak Rabu (13/3) malam pukul 23.00 WIB. “Sebagian pengguna masih mengalami gangguan hingga 12 jam. Ini adalah gangguan terlama sepanjang 15 tahun sejarah Facebook," ujar kolumnis teknologi Yahoo, Samuel Hussey, dikutip dari au.news.yahoo.com, Kamis (14/3). Itu artinya, menurut Hussey gangguan ini merupakan yang terparah sejak 2004.

Sementara itu, menurut koresponden teknologi BBC Dave Lee, gangguan sistem ini merupakan yang terlama sejak 2008. “Lamanya waktu dan besarnya jumlah user yang terpengaruh, menjadikan gangguan ini yang terburuk dalam sejarah Facebook,” kata dia dikutip dari BBC.com.

(Baca: Facebook, Instagram, Whatsapp Sempat Alami Gangguan Berjam-jam)

Facebook memiliki 2,3 miliar pengguna di seluruh dunia. Sementara pengguna Instagram dan Whatsapp masing-masing mencapai lebih dari 1 miliar dan 1,4 miliar di dunia. Recode.net pun melaporkan, pengguna Facebook Messenger mencapai 1 miliar di seluruh dunia. Nah, gangguan sistem ini berdampak pada pengguna keempat platform di seluruh dunia.

Mulanya, pengguna Facebook hanya menemukan sebagian halaman yang dimuat. Tak berapa lama, tampilan Facebook bahkan tidak muncul sama sekali. Lantas, petugas administrasi Facebook menyampaikan bahwa perusahaan tengah mengatasi gangguan tersebut, pada pukul 02.03 WIB melalui akun twitternya.

Facebook juga menyampaikan, bahwa gangguan sistem bukan disebabkan oleh serangan DDoS dari para peretas (hacker). Meski begitu, Facebook tidak menjelaskan secara rinci penyebab gangguan sistem tersebut.

(Baca: Bukan Media Sosial Biasa, Instagram Kini Jadi Platform Bisnis)

Berdasarkan data Down Detector, Facebook mengalami gangguan sejak Rabu (13/3) malam pukul 23.00 WIB. Setidaknya, ada lebih dari 18 ribu laporan terkait gangguan sistem di Facebook hingga pagi tadi. Secara rinci, laporan terkait log in 34 %, newsfeed 33 %, dan total black out 31 %.

Platform di bawah naungan Facebook, yakni Instagram juga mengalami gangguan sistem sejak Kamis (14/3) pukul 00.01 WIB. Beberapa pengguna mengeluhkan tidak bisa melakukan log in. Ada yang berhasil log in, namun pengguna mendapat notifikasi error. Lalu, sistem Instagram meminta pengguna untuk log in kembali.

(Baca: Instagram Klaim 70% Pengguna Akun Bisnisnya Serap Tenaga Kerja)

Lalu, beberapa pengguna Whatsapp juga mengeluhkan adanya gangguan sistem. Utamanya, pengguna tidak berkirim foto maupun video. Walaupun, pengguna masih bisa mengirimkan pesan teks. Mengenai gangguan sistem ini, Whatsapp belum juga memberikan tanggapan.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...