Indonesia Ekspor 37 Ribu Metrik Ton Minyak Goreng ke Tiongkok

Image title
Oleh Ekarina
18 Maret 2019, 20:02
Minyak Sawit
Agung Samosir | KATADATA
Crude Palm Oil. Produk crude palm oil yang berbahan dasar kelapa sawit dari kabupaten Landak di stand Provinsi Kalimantan Barat pada pameran Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Ji-Expo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (15/5).

Badan Karantina Pertanian (Barantan) Kementerian Pertanian melepas ekspor 37 ribu metrik ton (MT) minyak goreng sawit atau refined bleaced deodorized olein (RBD olein) asal Kalimantan Tengah ke Tiongkok. Ekspor minyak goreng tersebut menghasilkan transaksi senilai Rp300 miliar.

"Kami mendukung tumbuhnya industri hilirisasi kelapa sawit, karena produk olahan hasil industri hilir yang justru mendatangkan nilai tambah," kata Kepala Barantan Kementan Ali Jamil saat melepas ekspor RBD olein bersama Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Senin (18/3).

Advertisement

(Baca: RI Tingkatkan Penetrasi Produk Minyak Kelapa Sawit ke Mesir)

Ali mengatakan Kalimantan Tengah termasuk dalam lima provinsi terbesar penghasil kelapa sawit dan turunannya di Indonesia selain Riau, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Barat. Kelima provinsi ini terus menggenjot ekspor produk olahan minyak kelapa sawit.

Pada 2017, ekspor RBD olein dari Kalimantan Tengah yang keluar melalui Karantina Palangkaraya mencapai 23.999 MT dengan nilai ekspor Rp196 miliar.

Sementara pada 2018, ekspor olein asal wilayah tersebut kembali meningkat sebesar 43% menjadi sebanyak 34.357 MT dengan nilai Rp 281 miliar. Pada tiga bulan pertama 2019, ekspor RBD olein melonjak mencapai 96.699 MT dengan nilai ekspor mencapai Rp 791 miliar. "Pencapaian yang harus diberi apresiasi, baru tiga bulan peningkatannya  hampir 200%, " ujar Jamil.

(Baca: Soal Sawit, Pemerintah Akan Lobi Uni Eropa Bulan Depan)

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement