Jokowi: Jangan Pilih Calon Pemimpin yang Coba-coba

Dimas Jarot Bayu
21 Maret 2019, 22:12
Jokowi dan Ma'ruf Amin
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma\'ruf Amin usai pengundian nomor urut di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta.

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo meminta masyarakat untuk tak memilih orang yang tidak berpengalaman dalam Pilpres 2019. Menurut Jokowi, yang tak berpengalaman akan sulit memimpin Indonesia ke depannya.

"Jangan diberikan kepada yang masih coba-coba," kata Jokowi di Istora, Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (21/3).

Jokowi mengatakan, Indonesia merupakan negara besar dengan penduduk sebanyak 269 juta jiwa. Mereka tersebar di 34 provinsi, 514 kabupaten/kota, dan 17 ribu lebih pulau. Karena itu, ibarat kapal besar, Indonesia perlu nahkoda teruji.

Menurut Jokowi, dirinya tak mungkin bisa memimpin Indonesia tanpa punya pengalaman. Ia mengaku beruntung telah memimpin dari bawah sejak lama.

(Baca: Anjlok di Survei Kompas, Jokowi Minta Kader dan Relawan Lebih Militan)

Dia pun menceritakan pengalamannya yang telah dua periode menjabat sebagai Wali Kota Solo sejak 2005-2012. Lalu, ia terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 2012-2014.

Terakhir, dia menjadi Presiden RI sejak 2014 hingga sekarang. "Pengalaman itu membuat saya dapat menahkodai kapal besar Indonesia," kata Jokowi.

Jokowi menyebut dirinya ketika masuk ke politik dari dunia usaha perlu waktu beradaptasi. Hal itu ia lakukan selama dua tahun sebelum menjadi Wali Kota Solo.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...