Pacu Produksi Migas, Pertamina Hulu ONWJ Rampungkan Anjungan Baru

Image title
25 Maret 2019, 21:01
Blok Migas Lepas Pantai Pertamina Hulu Energi
Pertamina Hulu Energi
Lapangan migas lepas pantai milik Pertamina Hulu Energi.

PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) telah menyelesaikan proses fabrikasi Anjungan YYA dan sedang diberangkatkan menuju lepas Pantai Utara Jawa Barat.

Kepala Divisi Manajemen Proyek dan Pemeliharaan Fasilitas SKK Migas Luky Agung Yusgiantoro menjelaskan Lapangan YY merupakan salah satu proyek yang secara ketat dipantau SKK Migas. "Kami mendorong proyek ini dapat selesai lebih cepat," kata Luky berdasarkan keterangan resmi, Senin (25/3). 

Lapangan tersebut targetnya mulai berproduksi pada September 2019. Selain minyak sebesar empat ribu barel per hari (BOPD), Lapangan YY akan menghasilkan gas sejumlah 25 juta kaki kubik per hari (MMSCFD). Seluruh hasilnya akan dipakai untuk kebutuhan domestik dan industri di sekitar wilayah kerja PHE ONWJ.

(Baca: Pertamina Hulu Energi Serahkan 10% Hak Kelola Blok ONWJ ke BUMD)

Direktur Utama Pertamina Hulu Energi Meidawati mengatakan, PHE ONWJ adalah Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) pertama di Indonesia yang menerapkan skema gross split. "Proses pabrikasi anjungan yang tepat waktu membuktikan kami menerapkan gross split dengan tepat, sehingga segala sesuatunya lebih efisien," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Pengembangan PHE Afif Saifudin mengatakan perusahaan menerapkan strategi khusus untuk mengurangi penurunan produksi secara alami alias natural decline. “Anjungan YYA terdiri dari tiga sumur dan slot dua sumur tambahan,” katanya. Tujuan tambahan sumur itu untuk antisipiasi kegiatan pengeboran di masa mendatang.

Penyelesaian Anjungan YYA ini dilakukan oleh  kontraktor EPCI PT Meindo Elang Indah di Handil-1 Fabrication Yard di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Perjalanan anjungan menuju lokasi pemasangan membutuhkan waktu tujuh sampai sembilan hari. Pada awal April nanti pemasangan pile, jacket, dan topside termasuk boat landing anjungan sudah dapat terlaksana.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...