Kementerian BUMN Beri Sinyal IPO Saka Energi

Image title
26 Maret 2019, 18:07
BUMN
Arief Kamaludin|KATADATA
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberi sinyal untuk melepas saham PT Saka Energi Indonesia ke pasar modal (IPO).

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberi sinyal untuk melepas saham PT Saka Energi Indonesia ke pasar modal (IPO). Namun, detail mekanisme pelepasan sahamnya masih dalam kajian Kementerian.

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengatakan, proses IPO tersebut tidak perlu menunggu Saka masuk ke Pertamina. "Iya, tapi itu masih jauh kajiannya. Tapi semua akan dikoordinasi oleh Pertamina," kata Fajar di Jakarta, Selasa (26/3).

Menurut dia, banyak opsi untuk anak usaha PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk tersebut. "Ada juga kemungkinan dikonsolidasi ke Pertamina atau mau dijual ke Pertamina," ujarnya.

Rencana Saka tersebut seiring dengan keinginan pemerintah membentuk holding BUMN sektor minyak dan gas. Pertamina akan menjadi induknya. Saham pemerintah di PGN beralih menjadi milik Pertamina. Sedangkan anak usaha Pertamina, PT Pertamina Gas (Pertagas) beralih ke PGN.

(Baca: Tahun Depan, Saka Mulai Studi Awal Cari Migas di Blok West Yamdena)

Saat ini Kementerian BUMN tengah mengkaji anak usaha PGN, Saka untuk masuk ke dalam Pertamina. Pemindahan kepemilikan anak usaha di masing-masing perusahaan sengaja dilakukan karena Pertagas memiliki kesamaan bisnis dengan PGN, sementara Saka bergerak di bidang yang sama dengan Pertamina.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...