Sebelas Brand Alat Musik Lokal Ikut Pameran Terbesar di Eropa

Michael Reily
26 Maret 2019, 18:40
musik
Donang Wahyu|KATADATA
Ribuan penonton memadati pantai Senggigi dalam gelaran musik Mandiri Senggigi Sunset Jazz Festival 2018.

Sebelas brand alat musik lokal akan mengikuti pameran industri Frankfurt Musikmesse 2019 yang berlangsung di Frankfurt, Jerman, 2 hingga 5 April 2019. Keikutsertaan pelaku ekonomi kreatif Indonesia di pameran industri alat musik terbesar Eropa tersebut merupakan yang pertama kalinya.

Deputi Pemasaran Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Joshua Puji Mulia Simandjuntak menyatakan 11 brand lokal yang terpilih dapat menemukan pasar bisnis serta investor global dalam pameran. "Terdapat potensi yang sedemikian besar bagi para pengrajin alat musik lokal untuk mengembangkan pasar di Eropa," kata Joshua dalam keterangan resmi, Selasa (26/3).

(Baca: Iwan Fals Gelar Konser Tunggal, Harga Tiket Mulai Rp 150 Ribu)

Dia mengungkapkan Indonesia dikenal sebagai salah satu negara eksportir komoditas alat musik terbesar ke Eropa, khususnya Jerman. Oleh karena itu, Bekraf mendukung pelaku kreatif untuk tampil dalam pameran Frankfurt Musikmesse 2019. Pameran yang menjadi ajang berkumpul perusahaan, retailer, profesional, serta musisi dunia tersebut sudah berjalan selama 39 tahun sejak 1980.

Sebelas brand lokal yang menjadi wakil Indonesia dalam pameran adalah Indonesian Bamboo Community yang berfokus pada alat musik berbasis bambu, alat musik berbahan dasar kayu hasil karya Sawoe, Sasando Shop yang menampilkan alat musik tradisional Sasando, lalu Genta Guitar yang memproduksi gitar serta ukulele.

(Baca: Agnez Mo Raih Social Star Award dari iHeartRadio AS)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...