Thisable, Startup yang Bantu Difabel Masuk Dunia Kerja

Michael Reily
31 Maret 2019, 06:00
Thisable
Thisable
Training Go-Clean oleh mitra Thisable, 12 Juli 2017. Thisable adalah startup yang membantu mempersiapkan para difabel untuk bekerja.

Difabel tak berarti tidak mampu bekerja. Namun, banyak orang yang punya keterbatasan fisik tidak mendapatkan kesempatan untuk bekerja dalam suatu perusahaan.

Kegagalan bekerja sempat menjadi pengalaman Angkie Yudisti - seorang tuna rungu yang memiliki gelar master dalam bidang komunikasi. Penolakan dari sebuah perusahaan itu kemudian membuat Angkie terinspirasi untuk membantu para difabel.

"Saya berusaha sangat keras mendorong para disabilitas untuk mendapatkan kesempatan yang sama," katanya dalam forum Smart Citizen Day di Jakarta, Kamis (28/3).

Angkie membentuk Thisable Enterprises, sebuah perusahaan dengan misi sosial sejak tahun 2011. Thisable berupaya untuk memberdayakan penyandang cacat atau disabilitas supaya mendapatkan akses pekerjaan yang layak dan mampu menjadi bagian dari perekonomian di Indonesia.

(Baca: Sokong Perekonomian Keluarga, Perempuan Difabel Rintis Bisnis Kuliner)

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) hasil Survei Penduduk Antar-Sensus (SUPAS), sebanyak 8,56% dari total penduduk 255,18 juta merupakan kaum difabel. Sehingga, terdapat sekitar 21,84 juta orang adalah penyandang disabilitas.

Menurut Angki yang menempuh pendidikan di London School of Public Relations (LSPR), sekitar 40% dari jumlah disabilitas tidak memiliki pekerjaan. Artinya, 8,73 juta difabel adalah pengangguran. "Kepercayaan orang pada disabilitas minim," ujarnya.

Dia mengaku, keberlangsungan perusahaan selama enam tahun pertama sangat sulit. Sebagai pemimpin perempuan penyedia jasa khusus disabilitas, Angki tidak memiliki acuan. Apalagi, Thisable ingin para pekerja mendapatkan kesetaraan sesuai dengan standar profesional.

Menurutnya, salah satu cara untuk bertahan adalah konsistensi dan kolaborasi. Dia menekankan tugas pemimpin tidak hanya membangun bisnis, tetapi juga fokus kepada dampak sosial. Sehingga, ketika ada kesempatan, Thisable mampu menyesuaikan program untuk terus maju sebagai sebuah entitas usaha.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...