Perkuat Layanan Keuangan, Grab Dikabarkan Gaet PayPal dan Alipay

Cindy Mutia Annur
1 April 2019, 19:54
grab
Grab
CEO Grab Anthony Tan dan President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata.

Perusahaan layanan on demand  Grab dikabarkan tengah menjajaki kerja sama dengan financial technology (fintech) pembayaran asal Tiongkok Ant Financial (Alipay) dan dari Amerika Serikat (AS) Paypal. Kerja sama ini kabarnya untuk memperkuat layanan keuangan Grab lewat Grab Financial Group.

TechCruch melaporkan, Alipay memang ingin memperluas pasar ke Asia Tenggara. Apalagi, pembayaran secara digital di wilayah ini diperkirakan naik tiga kali lipat pada 2025. “Spin-out bakal dilakukan dalam beberapa bulan ke depan,” ujar salah seorang sumber dikutip dari TechCrunch, Jumat (29/3) lalu.

(Baca: Grab Gandeng Mastercard Sediakan Layanan Prabayar Ojek Online)

Namun Grab maupun PayPal enggan berkomentar perihal isu ini. “Kami tidak mengomentari rumor dan spekulasi pasar,” ujar Juru Bicara Grab. Sedangkan Alipay menyampaikan, bahwa perusahaannya tidak sedang dalam pembicaraan apapun dengan Grab.

Meski demikian, Head of Grab Financial Ruben Lai mengatakan, bahwa Grab bakal fokus memperkuat layanan keuangan pada tahun ini. “Tahun ini adalah tentang menggandakan layanan keuangan dan benar-benar mengeksekusi strategi tersebut," kata Lai dalam sebuah wawancara di sela-sela acara Money2020 di Singapura, pada Maret lalu.

(Baca: Grab Rintis Marketplace Asuransi Digital di Asia Tenggara)

Grab pun sudah menggandeng MasterCard untuk menyediakan jasa kartu kredit kepada para mitra di ekosistem mereka. Layanan ini pertama kali diluncurkan di Singapura dan Filipina pada awal 2019. Kedua perusahaan pun membidik 400 juta populasi di Asia Tenggara, yang selama ini belum mendapat akses perbankan.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...