IHSG Rebound, Berpotensi Terus Melaju Didorong Data Penjualan Ritel

Happy Fajrian
9 April 2019, 11:16
Suasana Bursa Efek Indonesia
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Suasana Bursa Efek Indonesia

Indeks harga saham gabungan (IHSG) naik 8,89 poin atau 0,14% ke posisi 6.434,62 pada pembukaan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (9/4) pagi. Hingga pukul 11.00 IHSG terus beranjak naik hingga ke posisi 6.478,73 atau naik 0,83%, atau sudah rebound sepenuhnya dari koreksi pada perdagangan kemarin.

Direktur riset Indosurya Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan bahwa pergerakan IHSG hingga saat ini masih menunjukkan pola penguatan jangka panjang yang cukup besar di tengah gejolak nilai tukar dan harga komoditas yang masih berlangsung.

"Rilis data perekonomian tentang penjualan ritel yang disinyalir akan terdapat peningkatan, yang menunjukkan perekonomian dalam keadaan stabil diharapkan dapat membantu mendorong kenaikan IHSG dalam jangka pendek," papar William, Selasa (9/4).

Selain itu, cadangan devisa pada Maret 2019 naik US$ 1,2 miliar menjadi US$ 124,5 miliar. Naiknya cadangan devisa didorong oleh penerimaan devisa migas dan penerimaan valas lainnya. Cadangan devisa Maret ini juga menjadi yang tertinggi selama 11 bulan terakhir, atau sejak Mei 2018.

(Baca: Investor Domestik 'Wait and See' Pemilu, IHSG Turun 0,75%)

Kenaikan cadangan devisa ini sedikit menyuntikkan optimisme kepada pelaku pasar. Kendati demikian, Kepala Riset Valbury sekuritas Alfiansyah dalam risetnya mengatakan sentimen pemilihan presiden (pilpres) 17 April mendatang masih menjadi sumber ketidakpastian di pasar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...