BEI: Traveloka Beri Sinyal Tertarik untuk IPO

Image title
10 April 2019, 16:18
Traveloka
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Chief Marketing Officer Traveloka Dannis Muhammad (kanan). Bursa Efek Indonesia mengatakan, start-up unicorn itu tertarik melepas sahamnya ke publik atau IPO.

Salah satu perusahaan rintisan (startup) unicorn, bervaluasi di atas US$ 1 miliar, Traveloka, tertarik untuk masuk pasar modal melalui skema penawaran umum perdana (IPO).

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna Setia sudah melakukan diskusi bersama Traveloka terkait rencana tersebut. Salah satu hal yang ditanyakan oleh Traveloka kepada BEI adalah pajak bagi perusahaan yang melakukan IPO.

Bursa membahas isu pajak tersebut dengan Badan Kebijakan Fiskal (BKF) dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP). "Intinya mereka tertarik untuk go public di bursa kita," kata Nyoman di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (10/4).

Terkait pajak perusahaan yang tercatat di pasar modal,  sejak tahun lalu Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sudah mempertimbangkan revisi aturan penurunan tarif pajak penghasilan (PPh) bagi perusahaan terbuka. Dengan diturunkannya tarif itu, Sri Mulyani ingin jumlah emiten di BEI meningkat menjadi seribu perusahaan dalam waktu dekat.

(Baca: Sri Mulyani Pertimbangkan Pangkas Pajak Penghasilan untuk Tarik Emiten)

“Kami akan lihat efektivitasnya apakah masih diperlukan atau tidak. Apakah perlu dimodifikasi berdasarkan tantangan sekarang ini," kata dia pada awal Desember 2018 di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...