Bukan SupperApp, Traveloka Menobatkan Diri Jadi Discovery Platform

Penulis: Desy Setyowati

2/4/2019, 17.31 WIB

Traveloka ingin memperkenalkan bahwa teknologi bisa digunakan untuk segala keperluan, baik wisata ataupun gaya hidup sehari-hari.

Traveloka
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Chief Marketing Officer Traveloka Dannis Muhammad (kanan) bersama Chief Executive Officer Futbal Momentum Asia (FMA) David Khim melakukan sesi foto usai memberikan keterangan kepada wartawan di Jakarta, Kamis (1/3).

Gojek dan Grab tengah berlomba menjadi aplikasi super atau SuperApp. Sementara Traveloka justru menobatkan diri sebagai discovery platform. Maksud dari sebutan tersebut, Traveloka ingin teknologinya dimanfaatkan untuk keperluan gaya hidup sehari-hari.

Public Relations Director Traveloka Sufintri Rahayu mengatakan, perusahaannya ingin menunjukkan bagaimana teknologi dapat membantu dan mempermudah kegiatan sehari-hari. Artinya, Traveloka ingin memperkenalkan bahwa teknologi bisa digunakan untuk segala keperluan wisata (travel) ataupun gaya hidup.

(Baca: Beda dengan Gojek, Traveloka Tak Ingin Kembangkan SuperApp)

Untuk itu, Traveloka hadir dengan identitas baru yakni sebagai discovery platform. “Melalui platform kami ini, diharapkan semakin banyak masyarakat Indonesia yang memanfaatkan teknologi dan internet untuk membantu kehidupan sehari-hari,” ujar dia dalam siaran pers, Selasa (2/4).

Sejalan dengan hal itu, Traveloka merilis beberapa fitur di samping layanan perjalanan seperti pemesanan tiket pesawat, hotel, dan lainnya. Fitur penunjang tersebut seperti go beyond, ideas for your weekend, events this month, where to eat? hingga city guides.

(Baca: Traveloka Ekspansi ke Australia)

Go beyond atau jelajah lebih jauh memberikan informasi kepada pengguna mengenai destinasi wisata di Indonesia. Fitur ini dilengkapi dengan artikel, rekomendasi kegiatan, kuliner hingga panduan transportasi dan akomodasi.

Lalu, fitur ideas for your weekend berisi tentang beragam ide aktivitas yang dapat dilakukan di beberapa kota pilihan selama akhir pekan. Aktivitas tersebut meliputi atraksi, event, hiburan, tempat olahraga hingga spa dan kecantikan.

(Baca: Rudiantara: Startup di Bidang Gaya Hidup Berpeluang Jadi Unicorn)

Salah satu unicorn nasional ini juga melengkapi diri dengan layanan events this month untuk mengarahkan pengguna ke laman Traveloka Blog. Lewat blog tersebut, pengguna bisa mengetahui beragam acara yang akan berlangsung dalam sebulan ke depan.

Lewat fitur where to eat? Traveloka memberikan rekomendasi tempat makan atau restoran yang lokasinya menyesuaikan dengan geo tagging pengguna. Kemudian, ada fitur city guides yang memberikan informasi kepada pengguna tentang tempat populer di suatu destinasi, berikut dengan rekomendasi kuliner, transportasi, aktivitas, dan peta.

(Baca: Pengguna Tumbuh 10 Kali Lipat, Traveloka Perluas Layanan Cicilan)

Sebelumnya, Sufintri menegaskan bahwa perusahaannya memang fokus menyediakan layanan di bidang wisata dan gaya hidup. "Belum ada pembicaraan apakah kami ingin menjadi SuperApp. Kami mau fokus di travel dan lifestyle," ujarnya, akhir tahun lalu.

Traveloka fokus menyediakan produk terkait perjalanan dan gaya hidup yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Untuk itu, Traveloka rutin melakukan riset terhadap sekitar 40 juta penggunanya di enam negara yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, Singapura, dan Vietnam.

(Baca: Bersaing dengan Traveloka, Tiket.com Siap Luncurkan Layanan Cicilan)

Reporter: Desy Setyowati

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan