Kominfo Gandeng Startup Prosa, Kembangkan Layanan Chatbot Anti Hoaks

Cindy Mutia Annur
12 April 2019, 19:47
hoaks, pemilu 2019, pilpres 2019, Chatbot Anti Hoaks, Kominfo, Prosa, startup, Telegram, WhatsApp, Line
ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK
Warga mengangkat poster bertulis penolakan terhadap hoaks jelang Pemilu 2019 saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (3/2/2019). Aksi tolak hoaks tersebut digelar untuk mewujudkan pesta demokrasi yang aman dan damai.

Kementerian Komunikasi dan Informatika gandeng perusahaan rintisan alias startup pengembang natural language processing, Prosa, untuk layanan Chatbot Anti Hoaks. Layanan ini dapat diakses melalui aplikasi Telegram lewat akun @chatbotantihoaks untuk membantu masyarakat yang kesulitan memverifikasi hoaks.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, layanan Chatbot Anti Hoaks akan memberikan klarifikasi berita bohong berdasarkan pangkalan data mesin Ais Kementerian. Menurut dia, lewat layanan ini masyarakat dapat dengan mudah memverifikasi informasi di sosial media. 

"Data berupa kata kunci atau salinan artikel nantinya dapat diverifikasi hanya dalam hitungan detik," ujar Semuel saat ditemui di kantornya, Jumat (12/4). Layanan chatbot ini juga akan bisa dipakai melalui aplikasi WhatsApp dan Line.

Kementerian hanya tinggal mengunggu koordinasi teknis dengan dua platform itu. Target realisasinya dalam satu sampai dua minggu ke depan.

(Baca: KPU: Hasil Pilpres 2019 Luar Negeri yang Beredar di Medsos Itu Hoaks)

Ais merupakan nama mesin pengais (crawling) konten negatif yang dikelola Kementerian sejak akhir Desember lalu. Mesin ini berfungsi untuk menangkal konten-konten buruk di internet. 

Semuel mengatakan, layanan chatbot ini ditujukan khususnya bagi pengguna internet yang sering mendapatkan informasi melalui layanan pesan singkat seperti WhatsAppdengan sumber dari penerusan pesan (forward message). Ia berharap layanan ini dapat membantu keraguan para pengguna yang masih terbatas sumber informasinya.

Cara Pakai Chatbot Anti Hoaks

CEO Prosa Teguh Eko Budiarto mengatakan, saat ini layanan chatbot baru tersedia untuk memverifikasi konten teks saja. Ia menjelaskan, lewat teknologi kecerdasan buatan (AI) layanan ini dapat berfungsi sebagai word checking. “Jadi istilahnya, ini seperti pengaduan di Kominfo tapi lebih cepat responnya,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...