Pekan Pemilu, Analis Lihat Potensi IHSG Menguat Siapapun Presiden RI

Image title
15 April 2019, 07:38
Potensi Pasar Modal
ANTARA FOTO/Agung M Rajasa

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terkoreksi 1,05% ke level 6.405,8, pekan lalu. Analis memprediksi laju IHSG akan bergerak bervariasi pada pekan ini. Namun, ada potensi IHSG menguat setelah penyelenggaraan Pemilu 2019 pada Rabu (17/4).

Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus menilai, siapa pun pasangan calon presiden dan wakil presiden yang dikabarkan terpilih, bisa membuat IHSG menguat. Namun, berdasarkan analisisnya atas Pemilu 2004 hingga Pemilu 2014, potensi penguatan lebih besar bila petahana menang.

"Jika petahana yang menang, penguatan IHSG, maupun rupiah, bakal terjadi. Tapi, kalau yang menang calon lain, tetap naik, tapi tidak sekuat yang petahana," kata Nico kepada katadata.co.id, Jumat (12/4).

(Baca: Jelang Pemilu 2019, Investor Khawatir Kondisi Politik Dalam Negeri)

Alasannya, petahana sudah memiliki peta jalan (roadmap)  berbagai kebijakan yang bisa diteruskan ke depan. Sedangkan penantang, bisa jadi akan mengubah kebijakan-kebijakan ekonomi.

Beberapa waktu lalu, Head of Wealth Management & Client Growth Bank Commonwealth Ivan Jaya mengatakan, investor asing akan mencermati Pemilu 2019. Kemungkinannya, investor asing akan mencoba mengambil langkah awal atau'wait and see'  hingga hasil Pemilu keluar.

Namun, berdasarkan data historis di tiga Pemilu sebelumnya, pasar saham Indonesia mencatatkan imbal hasil (return) yang positif dalam jangka waktu enam bulan setelah pelaksanaan Pemilu. Enam bulan setelah Pemilu 2004, IHSG naik 41%, sedangkan enam bulan setelah Pemilu 2009 IHSG naik 25%, dan setelah Pemilu 2014 IHSG naik 4%.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...