Pemerintah Pastikan Tak Ada Eksodus Meski Pemilu 2019 Dekat Hari Libur

Michael Reily
15 April 2019, 17:06
diskon Pemilu 2019, Rudiantara, libur panjang Pemilu 2019, pilpres 2019
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memastikan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2019 pada 17 April nanti tetap tinggi meski waktu penyelenggaraannya dekat dengan libur panjang.

Pemerintah memastikan tidak ada lonjakan bepergian besar-besaran saat Pemilu 2019. Jumlah golput atau masyarakat yang tidak menggunakan hak pilih tetap terjaga.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, hal itu mengacu pada tiga indikator. "Harga tiket pesawat relatif normal, tidak ada peningkatan reservasi kursi pesawat, jumlah reservasi hotel juga masih normal," katanya di Jakarta, Senin (15/4).

Dia menjelaskan, rata-rata keberangkatan di bandara masih normal pada angka 70 ribu orang per hari. Jumlah pengunjung yang datang ke Indonesia masih pada level stabil 74 ribu orang setiap hari.

(Baca: Jelang Pemilu 2019, Kominfo Gandeng Polri Atasi Hoaks)

Karena itu, dia optimistis banyak masyarakat akan menggunakan hak pilihnya dalam pesta demokrasi pada Pemilu nanti. "Dari data, semua normal sampai akhir minggu nanti," ujar Rudiantara.

Pemerintah berusaha meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019 dengan menyiapkan program KlingKing Fun. Program ini memberikan diskon hingga setengah harga untuk 250 merek produk kepada masyarakat yang menunjukkan bekas tinta ungu pada jarinya. Bekas tinta dari KPU ini menjadi bukti ia telah mengikuti Pemilu.

Pemerintah juga bakal mengiklankan program KlingKing Fun di 216 spot selama tiga hari untuk enam stasiun televisi nasional. Selain itu, 107 radio peduli pemilihan umum juga bakal menyiarkan kabar diskon besar-besaran kepada masyarakat.

(Baca: Cegah Golput, Pengusaha Beri Insentif Diskon Hingga 50% )

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...