Pertagas Pastikan Semburan Air di Blora Aman

Image title
22 April 2019, 11:02
Pertagas, semburan air lumpur di Blora, Pertamina, pipa gas
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi pipa gas.

Anak usaha PT Pertamina (Persero) yakni Pertamina Gas (Pertagas) menyampaikan aktivitas hydrotest yang dilaksanakan oleh anak usaha perseroan tersebut di Doplang, Blora, Jawa Tengah, merupakan aktivitas pembersihan pipa sebelum digunakan.

Manager PR & CSR Pertagas Zainal Abidin mengatakan, aktivitas hydrotest dilakukan untuk mengecek apakah pipa yang dipasang tahan terhadap tekanan dan bersih dari material sebelum dialiri gas. Karena itu, masyarakat dihimbau untuk tidak perlu khawatir.

Advertisement

Lebih lanjut, Zainal menyampaikan aktifitas hydrotest maupun flushing merupakan salah satu prosedur standar yang dilakukan dalam aktivitas pemasangan pipa migas sebelum commisioning. "Jadi ini memang sengaja dilakukan, bukan insiden," ujarnya berdasarkan keterangan resmi pada Sabtu, (20/4).

Dia juga mengatakan pasca kejadian yang terjadi di area tersebut, Pertagas juga melakukan proses pembersihan di area semburan. “Kami mohon maaf jika aktivitas ini sempat membuat warga kebingungan," ujarnya.

Pada Jumat lalu, seperti dikutip dari Antara, terjadi semburan lumpur bercampur air dari pipa gas milik Pertagas di Blora. Letaknya yang di tepi jalan dan dekat jalur kereta cepat double track Surabaya-Jakarta membuat banyak warga menyaksikan semburan tersebut. Mereka lalu merekam dan menyebarkannya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement