Pertamina Hulu Mahakam Mengebor 30 Sumur di Blok Mahakam

Image title
22 April 2019, 15:50
Blok Mahakam
Arief Kamaludin|KATADATA
Pekerja sedang beraktifitas pada North Processing Unit (NPU) wilayah kerja Blok Mahakam di Kutai Kartanegara, Minggu (31/12/2018).

PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) telah mengebor 30 sumur Blok Mahakam hingga April 2019. Hingga akhir tahun, PHM menargetkan mengebor 118 sumur Blok Mahakam.

"Sumur yang dibor yakni 25 untuk daerah swamp dan lima untuk offshore dari target 118 sumur di 2019," kata Deputi Operasi SKK Migas Fatar, dihubungi Katadata.co.id akhir pekan lalu.

(Baca: Hingga Medio April, Produksi Migas Blok Mahakam Masih Jauh dari Target)

Jumlah pengeboran hingga April 2019 ini, kata Fatar, telah sesuai target kuartal. Sesuai dengan program kerja dan anggaran (work program and budget/WP&B) yang telah disetujui SKK Migas, PHM memiliki target mengebor 118 sumur sepanjang 2019. Target ini lebih banyak daripada rencana awal PHM yaitu sebanyak 103 sumur dan meningkat dari realisasi tahun lalu sebanyak 63 sumur.

Pertamina menggunakan lima rig dalam melakukan proses pengeboran. Tahun lalu, Pertamina hanya menggunakan empat rig di Blok Mahakam.

PHM mengalokasikan investasi Blok Mahakam tahun ini sebesar US$ 1,8 miliar atau meningkat 5% dibandingkan tahun lalu yang hanya US$ 1,7 miliar.

(Baca: Pertamina Target Pengeboran Sumur Naik Dua Kali Tahun Ini)

Reporter: Febrina Ratna Iskana
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...