Pertamina Target Pengeboran Sumur Naik Dua Kali Tahun Ini

Image title
10 April 2019, 12:26
Pertamina Hulu Energi, Pertamina EP, sumur migas, target pengeboran
Pertamina EP
Pertamina Hulu Energi (PHE) menargetkan melakukan pengeboran di 346 sumur minyak dan gas bumi (migas) pada 2019.

Pertamina Hulu Energi (PHE) menargetkan untuk mengebor 346 sumur minyak dan gas bumi (migas) pada 2019. Jumlah itu dua kali lebih banyak dibanding 2018, terdiri dari 27 sumur ekplorasi di wilayah kerja yang sudah ada (existing) dan 319 sumur eksploitasi.

Perusahaan menggenjot kegiatan eksplorasinya untuk menemukan cadangan minyak baru di dalam wilayah kerja maupun melalui upaya new venture. Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H Samsu mengatakan perusahaan sekarang fokus di lima area ekplorasi.

Salah satu wilayah kerja tersebut adalah di Maratua, Kalimantan Utara. “Perusahaan menyediakan dana investasi lebih US$ 200 juta untuk program seismik,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (10/4).

(Baca: Pertamina Hulu Energi Mengebor 8 Sumur di Lapangan Batang Medio 2019)

Menurut Dharmawan, upaya eksplorasi Pertamina mulai membuahkan hasil, dengan ditemukannya tiga cadangan migas baru. Pertama, melalui anak usahanya, Badan Operasi Bersama PT Bumi Siak Pusako-Pertamina Hulu (BOB PT BSP-Pertamina Hulu), menemukan cadangan minyak dari sumur Benewangi #J-01. Tajak sumurnya telah selesai pada awal 2019, dengan rata-rata produksi 540 barel minyak per hari. 

Khusus untuk pengembangan Benewangi, Dharmawan mengatakan PHE telah mengidentifikasi beberapa prospektif sumur serupa yang berada di wilayah kerja sekitarnya dengan perkiraan cadangan sekitar 500 juta barel minyak (MMBO). 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...