Sehari Jelang Pengumuman Bunga Acuan BI, IHSG Dibuka di Zona Merah

Happy Fajrian
24 April 2019, 10:45
Pergerakan harga saham di Bursa Efek Indonesia (BEI).
ANTARA FOTO/M. Agung Rajasa
Pergerakan harga saham di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Indeks harga saham gabungan (IHSG) melemah 2,56 poin atau 0,04% ke level 6.460,27 pada pembukaan perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Rabu (24/4).

Kinerja IHSG yang melemah terjadi di tengah bursa saham utama Asia mayoritas dibuka di zona hijau. Indeks Nikkei naik 0,44%, Strait Times naik 0,17%, Shanghai naik 0,16%, Kospi naik 0,42%, Hang Seng naik 0,49%, serta KLCI naik 0,38%. Hanya indeks PSEi yang mengawali dari zona merah, turun 0,25%.

Sejumlah sentimen domestik diprediksi akan mempengaruhi pergerakan IHSG hari ini seperti rilis data penanaman modal asing (foreign direct invesment/FDI) triwulan I 2019, rilis data penjualan motor periode Maret 2019, serta rilis laporan keuangan emiten triwulan I 2019.

Selain itu, investor juga akan mengantisipasi pengumuman bunga acuan oleh Bank Indonesia besok, Kamis (25/4). BI akan melangsungkan Rapat Dewan Gubernur (RDG) selama dua hari mulai hari ini. Pasar memperkirakan BI akan mempertahankan bunga acuannya, BI 7 days repo rate, di level 6,0%.

(Baca: Walau Minim Sentimen, IHSG Melesat Naik 0,75%)

Kepala Riset Valbury Sekuritas Alfiansyah menilai IHSG hari ini akan dbanyak dipengaruhi sentimen laporan laba emiten kuartal I 2019, setelah euforia Pilpres di pasar mereda.

"Terlepas dari meredannya euforia pasar atas Pilpres beberapa hari lalu, perhatian pasar lebih kepada laporan laba perusahaan yang setidaknya dapat menjadi salah satu katalis positif bagi pasar pada perdagangan saham hari ini," jelas Alfiansyah dalam risetnya hari ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...