Riset: Mayoritas Konsumen Pakai THR untuk Belanja di E-commerce

Penulis: Desy Setyowati

10/5/2019, 04.00 WIB

Shopee dan Tokopedia paling banyak dipilih konsumen untuk membelanjakan uang THR.

data penggunaan THR
Stanisic Vladimir/123rf
Ilustrasi. Berdasarkan hasil survei Snapchart, sebagian besar responden menggunakan uang THR untuk belanja e-commerce.

Riset Snapcart menunjukkan, mayoritas konsumen di Indonesia menggunakan uang Tunjangan Hari Raya (THR) untuk berbelanja di e-commerce. Produk yang banyak dibeli adalah pakaian, personal care, produk digital, gawai, serta makanan dan minuman (groceries).

Riset tersebut dilakukan terhadap 1.000 responden, pada 16-23 April 2019. Berdasarkan survei tersebut, 60% responden berencana menggunakan uang THR untuk berbelanja. Sebanyak 91% di antaranya akan berbelanja melalui e-commerce.

Meski begitu, 56% responden berencana berbelanja di mal, pasar, toko atau minimarket dan warung. "Tren ini merata, baik para responden yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) maupun di luar itu," ujar Country Sales and Operation Snapcart Indonesia Eko Wicaksono dalam siaran pers, Kamis (9/5).

(Baca: THR Paling Lambat H-7, Begini Hitungan Menaker)

Dia menyampaikan, kecenderungan menggunakan uang THR untuk berbelanja lebih tinggi di kalangan perempuan yaitu 64%. Hanya 54% dari responden laki-laki yang ingin membelanjakan uang tersebut. 

Perempuan mengunakan uang THR untuk membeli pakaian, tas, sepatu dan aksesoris. Sedangkan laki-laki lebih berminat membeli produk digital, gawai, peralatan olahraga dan untuk keperluan hobi.

Berdasarkan riset tersebut, Shopee, Tokopedia, Lazada dan Bukalapak merupakan e-commerce yang banyak dipilih konsumen untuk membelanjakan uang THR. Sebanyak 57% responden memilih Shopee dan 19% lainnya bakal menggunakan uang THR untuk berbelanja di Tokopedia. Lalu, sembilan persen akan berbelanja di Lazada dan Bukalapak.

Selain keempat e-commerce tersebut, responden juga berminat berbelanja di JD.id, Blibli, Zalora, Elevenia, Zilingo, Berrybenka, Qoo10 dan Sorabel. Namun, sekitar 70% responden perempuan berusia di bawah 25 tahun memilih Shopee sebagai e-commerce favorit.

(Baca: Banjir Promo Ramadan Tokopedia dan Shopee: Gratis Ongkir hingga Umroh)

Sebanyak 66% responden mau berbelanja di e-commerce karena banyak tawaran promosi. Lalu, 59% berbelanja di e-commerce karena tertarik dengan gratis ongkos kirim dan 56% karena harga barang lebih murah. Pertimbangan lainnya, karena ada banyak tawaran bonus, pilihan produk yang beragam, metode pembayaran lebih lengkap. Berbelanja di e-commerce juga dinilai lebih cepat, serta efisien waktu dan biaya.

Meski begitu, tak semua responden membelanjakan uang THR di e-commerce. Sebanyak  65% responden berencana menyimpan uang THR dalam bentuk tabungan. Lalu, 45% responen akan menggunakan uang THR untuk sedekah atau zakat. Sekitar 25% lainnya menggunakan uang tersebut untuk keperluan liburan dan mudik. Ada juga responden yang berencana memanfaatkan uang itu untuk investasi, sebanyak 35%.

Snapchart menyampaikan, sampel utama riset ini adalah kelompok usia 15-60 tahun. Responden dibagi dalam dua kelompok wilayah, yakni Jabodetabek dan di luar itu. Sebanyak 85% responden menerima THR dari penghasilan sendiri atau keluarga. Responden laki-laki lebih banyak mendapat THR dari penghasilan sendiri ketimbang perempuan.

(Baca: Blanja.com Targetkan Transaksinya Naik 50% Selama Ramadan)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan