Riset: Mayoritas Konsumen Pakai THR untuk Belanja di E-commerce

Desy Setyowati
10 Mei 2019, 04:00
data penggunaan THR
Stanisic Vladimir/123rf
Ilustrasi. Berdasarkan hasil survei Snapchart, sebagian besar responden menggunakan uang THR untuk belanja e-commerce.

Riset Snapcart menunjukkan, mayoritas konsumen di Indonesia menggunakan uang Tunjangan Hari Raya (THR) untuk berbelanja di e-commerce. Produk yang banyak dibeli adalah pakaian, personal care, produk digital, gawai, serta makanan dan minuman (groceries).

Riset tersebut dilakukan terhadap 1.000 responden, pada 16-23 April 2019. Berdasarkan survei tersebut, 60% responden berencana menggunakan uang THR untuk berbelanja. Sebanyak 91% di antaranya akan berbelanja melalui e-commerce.

Meski begitu, 56% responden berencana berbelanja di mal, pasar, toko atau minimarket dan warung. "Tren ini merata, baik para responden yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) maupun di luar itu," ujar Country Sales and Operation Snapcart Indonesia Eko Wicaksono dalam siaran pers, Kamis (9/5).

(Baca: THR Paling Lambat H-7, Begini Hitungan Menaker)

Dia menyampaikan, kecenderungan menggunakan uang THR untuk berbelanja lebih tinggi di kalangan perempuan yaitu 64%. Hanya 54% dari responden laki-laki yang ingin membelanjakan uang tersebut. 

Perempuan mengunakan uang THR untuk membeli pakaian, tas, sepatu dan aksesoris. Sedangkan laki-laki lebih berminat membeli produk digital, gawai, peralatan olahraga dan untuk keperluan hobi.

Berdasarkan riset tersebut, Shopee, Tokopedia, Lazada dan Bukalapak merupakan e-commerce yang banyak dipilih konsumen untuk membelanjakan uang THR. Sebanyak 57% responden memilih Shopee dan 19% lainnya bakal menggunakan uang THR untuk berbelanja di Tokopedia. Lalu, sembilan persen akan berbelanja di Lazada dan Bukalapak.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...