Menkes : Tidak Ada Pemeriksaan Kesehatan Bagi Petugas KPPS

Agatha Olivia Victoria
14 Mei 2019, 20:57
petugas kpps
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Menteri Kesehatan Nila Moeloek menyebut petugas KPPS tidak melakukan pemeriksaan kesehatan

Menteri Kesehatan Nila Moeloek menyatakan, berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) terdapat 485 petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia. Dari data tersebut, 39% petugas meninggal di Rumah Sakit dan 61% meninggal di luar Rumah Sakit.

Banyaknya petugas KPPS yang meninggal dunia karena tidak adanya pemeriksaan kesehatan yang lengkap. "Petugas KPPS yang terpilih memang hanya memberikan surat keterangan sehat saja," ujar Nila di Gedung DPR Komisi IX, Selasa (14/5).

Padahal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada tahun ini mencatat terdapat kenaikan penyakit pada masyarakat. Data masyarakat yang terkena hipertensi berubah dari 20% menjadi 34%. Begitu pula dengan data masyarakat yang terkena penyakit jantung berubah dari 6% menjadi 8,5%.

Kenaikan penyakit pada masyarakat diakibatkan oleh pola makan. Data Kemenkes menunjukkan sepertiga masyarakat Indonesia terkena hipertensi. Setengah orang yang terkena hipertensi saja yang mau patuh dan minum obat.

Sedangkan kebanyakkan penderita hipertensi banyak yang tidak mau memeriksakan keadaanya. "Indeks keluarga sehat saat ini hanya 16,8%. Itu salah satu alasan mengapa petugas KPPS banyak yang meninggal di luar rumah sakit," kata Nila.

(Baca: Masalah Jantung Jadi Penyebab Utama Kematian Petugas KPPS)

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...