Mantan Ketua KY Kritik Prosedur KPU Sebabkan Petugas KPPS Meninggal

Image title
13 Mei 2019, 16:50
petigas KPPS, KPU, Pemilu, IDI
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Warga melintasi karangan bunga saat aksi dukacita untuk pahlawan demokrasi di Jakarta, Minggu (28/4/2019). Aksi tersebut dilakukan untuk mengenang 225 orang pejuang demokrasi yang terdiri dari petugas KPPS/KPU serta anggota Polri yang gugur saat mengawal proses Pemilu 2019.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) lagi-lagi dihujani kritikan terkait meninggalnya ratusan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Kali ini kritik datang dari Mantan Ketua Komisi Yudisial (KY) Aidul Fitriciada Azhari, yang mempertanyakan Standar Operasional Prosedur (SOP) kerja yang diibuat KPU untuk petugas KPPS.

Advertisement

Dalam diskusi publik bertajuk 'Membedah Persoalan Kematian Mendadak Petugas Pemilu dari Perspektif Keilmuan' yang digelar oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Aidul mengungkapkan bahwa ada yang salah dari SOP yang dibuat oleh KPU untuk petugas KPPS.

Menurutnya, jika SOP dari KPU itu sudah dimatangkan dan sudah dipertimbangkan baik-baik, maka tidak akan muncul kejadian meninggalnya ratusan petugas KPPS.

Memang, jam kerja yang panjang sudah disadari oleh KPU dan untuk mengantisipasinya, dikurangilah jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari sebelumnya 500 menjadi 300 per TPS, agar sedikit meringankan kerja petugas KPPS.

Namun, Aidul merasa kebijakan yang diambil oleh KPU masih belum matang, karena ternyata toh terbukti ratusan petugas KPPS meninggal dunia.

"Pemerintah harus bertanggungjawab penuh, sebab meninggalnya ratusan petugas KPPS tersebut terjadi saat mereka melaksanakan tugas," ujar Aidul, Senin (13/5).

Kalaupun memang kelelahan menjadi penyebab utama ratusan petugas KPPS meninggal, maka hal tersebut menjadi faktor yang memberatkan SOP dari KPU dan hal tersebut menurut Aidul layak untuk diselidiki lebih jauh.

(Baca: Fenomena Kelelahan Petugas KPPS yang Berujung Kematian)

Kritik Aidul terhadap SOP petugas KPPS yang ditetapkan oleh KPU sebenarnya beralasan. Pasalnya, kebijakan mengurangi DPT dari 500 menjadi 300 per TPS tidak dibarengi dengan kebijakan lain, seperti misalnya pengaturan jam kerja petugas KPPS.

Memang, dalam dunia medis kelelahan tidak pernah menjadi penyebab langsung kematian seseorang. Namun, kelelahan merupakan faktor pemicu yang bisa menyebabkan salah satu organ tubuh bermasalah dan akhirnya menyebabkan kematian.

Mengutip Antara, Dekan FKUI, Prof Ari F Syam mengungkapkan, orang yang bekerja hingga 24 jam memiliki potensi gangguan kesehatan. Sebab, normalnya orang bekerja menurutnya adalah delapan jam.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ramadhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement