Dibayangi Sentimen Perang Dagang, IHSG Masih Berpeluang Rebound

Happy Fajrian
15 Mei 2019, 11:04
pergerakan ihsg hari ini, indeks saham, perang dagang
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
IHSG hari ini, Rabu (15/5), naik 20,44 poin atau 0,34% ke posisi 6.091,64, setelah selama dua hari berturut-turut terkoreksi signifikan akibat panasnya perang dagang AS-Tiongkok.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) mengawali perdagangan saham Bursa Efek Indonesia (BEI) Rabu (15/5) dengan positif. IHSG naik 20,44 poin atau 0,34% ke posisi 6.091,64. Setelah selama dua hari berturut-turut terkoreksi signifikan karena memanasnya perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok, secara teknikal IHSG hari ini berpotensi rebound meski terbatas.

Kinerja IHSG sejalan dengan bursa saham Asia yang juga mengalami penguatan setelah terkoreksi cukup dalam. Indeks Shanghai pagi ini menguat 0,82%, Hang Seng naik 0,47%, Kospi naik 0,44%, PSEi naik 0,67%, serta KLCI naik 0,79%. Sedangkan Nikkei dan Strait Times turun masing-masing 0,08% dan 0,17%.

Penguatan bursa Asia pagi ini salah satunya dipengaruhi oleh bursa Amerika Serikat (AS) yang pada perdagangan kemarin ditutup menguat. Indeks Dow Jones naik 0,82%, S&P 500 naik 0,80%, dan Nasdaq naik 1,14%. Rebound-nya indeks AS ditopang oleh saham-saham teknologi merespon rencana pertemuan Presiden AS dan Tiongkok di KTT G-20 Jepang bulan depan untuk melanjutkan dialog terkait kesepakatan dagang.

"Ada upaya presiden AS Donald Trump untuk menenangkan pasar. Dia mengatakan bahwa eskalasi perang dagang dengan Tiongkok hanya pertengkaran kecil karena saat ini keduanya masih melakukan dialog dengan baik," papar Kepala Riset OSO Securities Ike Widiawati dalam risetnya hari ini.

(Baca: Gara-gara Perang Dagang, dalam Dua Hari IHSG Anjlok 2,22%)

Secara teknikal, dia menilai IHSG berpotensi untuk rebound setelah terkoreksi signifikan selama dua hari terakhir. "IHSG
ditutup bearish candle. Adapun indikator Stochastic bearish dan MACD histogram bergerak negatif dengan volume meningkat. Kami perkirakan IHSG berpeluang rebound dengan pergerakan di kisaran 6,047 – 6,179," papar Ike.

Halaman:
Reporter: Happy Fajrian
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...