Go-Pay hingga LinkAja Perang Diskon Selama Ramadan

Desy Setyowati
15 Mei 2019, 13:27
Pengunjung melintas di depan restoran makan cepat saji yang terpasang poster promosi diskon aplikasi fintech pembayaran atau "payment gateway" di salah satu mal di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (28/3/2019). Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan ata
ANTARA FOTO/Risky Andrianto
Pengunjung melintas di depan restoran makan cepat saji yang terpasang poster promosi diskon aplikasi fintech pembayaran atau "payment gateway" di salah satu mal di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (28/3/2019). Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS, Destry Damayanti menyatakan perkembangan industri fintech mendorong inklusi keuangan.

Pengeluaran masyarakat Indonesia selama Ramadan meningkat dibanding hari biasanya. Shopback mencatat, rerata konsumen menghabiskan Rp 1,2 juta untuk berbelanja online selama Ramadan. Hal itu kemudian mendorong perusahaan teknologi finansial (fintech) pembayaran berlomba-lomba memberikan promo Ramadan.

Fintech besutan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) dan Ant Financial (Alipay) DANA misalnya, menggelar program DANA Bedug Berkah Meledug dengan hadiah Pajero Sport, Mitsubishi Xpander, Paket Umroh, dan Samsung S10+. Hadiah ini bisa pengguna peroleh dengan memainkan Tap and Win di aplikasi DANA.

Selain itu, DANA memberikan saldo total Rp 5 juta bagi pengguna yang melakukan kirim uang ke pengguna lainnya. DANA juga menyediakan uang kembali (cashback) tambahan Rp 15 ribu untuk transaksi minimum Rp 50 ribu setiap Jumat. Pemberlakuan ketiga promo ini berbeda, selama 5 Mei hingga 3 Juni 2019.

DANA mencatat, penggunanya mencapai lebih dari 15 juta saat ini. Rata-rata transaksinya lebih dari 1 juta transaksi per hari. "Kami harap pengalaman bertransaksi yang mudah, cepat, praktis, dan aman menggunakan DANA dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam mengadopsi budaya cashless,” ujar CCO DANA Chrisma Albandjar dalam siaran pers, Rabu (15/5).

(Baca: Riset: Rerata Konsumen Belanja Rp 1,2 Juta saat Ramadan 2018)

Dompet digital besutan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), LinkAja juga membagikan promo untuk keperluan Ramadan hingga mudik Lebaran. LinkAja memberikan uang kembali hingga 50% bagi pengguna yang membeli tiket kereta api di platformnya. Promo ini berlaku hingga akhir Mei 2019.

Untuk keperluan Ramadan, LinkAja menawarkan uang kembali 50% bagi pengguna yang berbelanja di toko retail menggunakan layanan pembayarannya. Toko retail itu di antaranya Alfamart, AlfaMidi, DAN+DAN, FamilyMart dan Indomaret. Promo serupa juga diberikan untuk transaksi di mitra bidang makanan dan minuman seperti Bakmi GM, EsTeller77, HokBen, KFC, Solaria hingga Sushi Tei.

Saat ini, pengguna terdaftar LinkAja mencapai 32 juta. Pengguna aktifnya mencapai tiga juga. LinkAja juga sudah bekerja sama dengan 131 mitra di Indonesia.

(Baca: Belum Siapkan Dana Setor Modal, KAI Tertarik Miliki Saham LinkAja)

Tak mau ketinggalan, Go-Pay juga menggelar promo. Layanan pembayaran milik Gojek ini memberikan uang kembali 40% untuk setiap transaksi di mitra makanan dan minuman seperti Breadlife, CFC, Burger King, Es Teler 77, Hop Hop, Yoshinoya, dan lainnya. Go-Pay juga menggandeng Alfamart untuk memberikan harga khusus bagi penggunanya.

Memahami perilaku konsumen yang berbelanja saat Ramadan atau menjelang Hari Raya, Go-Pay juga memberikan promo untuk transaksi di e-commerce. Go-Pay menawarkan uang kembali 10 hingga 50% untuk transaksi di Blibli.com, JD.ID, Halodoc, Berrybenka, Sayurbox, CGV, dan lainnya.

Saat ini, Go-Pay sudah merangkul 300 ribu mitra yang 40% di antaranya merupakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Setengah dari transaksi di platform Gojek menggunakan Go-Pay. Gojek merupakan induk usaha Go-Pay, yang aplikasinya sudah diunduh 142 juta kali di Indonesia.

Begitu pun OVO yang memberikan promo 20 sampai 30% untuk setiap transaksi di Sephora, Seibu, Galeries Lafayette, dan Matahari. Untuk makanan dan minuman, tersedia promo di Iga Blackpepper, Mandarin Chicken Rice, Sour Sally, Lotteria, dan lainnya.

Aplikasi OVO tersedia di 115 juta perangkat di 303 kota di seluruh Indonesia. OVO juga hadir di 90% mall di Indonesia, termasuk hypermarket, department store, kedai kopi, bioskop, operator parkir, jaringan rumah sakit terkemuka, serta mendukung layanan transportasi bersama Grab. OVO pun sudah menggaet lebih dari 500 ribu mitra.

(Baca: OVO Luncurkan Layanan PayLater di 200 Ribu Mitra)

Reporter: Desy Setyowati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...