Induk Usaha SCTV Siap Akusisi 3 Aset Digital Emtek, Termasuk KapanLagi

Image title
16 Mei 2019, 15:44
Presiden Joko Widodo (dua dari kanan) secara resmi melakukan penutupan perdagangan pasar modal seiring berakhirnya 2018 di PT. Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta Selatan (28/12). Penutupan tersebut dihadiri Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Presiden Joko Widodo (dua dari kanan) secara resmi melakukan penutupan perdagangan pasar modal seiring berakhirnya 2018 di PT. Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta Selatan (28/12). Penutupan tersebut dihadiri Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Ketua OJK Wimboh Santoso, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, Wakil Ketua DK OJK Nurhaida dan Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi.

PT Surya Citra Media Tbk. (SCMA) segera merealisasikan rencana akusisi tiga perusahaan yang berada di bawah naungan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK). Ini merupakan transaksi afiliasi karena Emtek juga membawahi SCMA.

Ketiga perusahaan yang bergerak di bidang media digital tersebut yaitu PT KapanLagi Dot Com Networks (KapanLagi Youniverse/KLY), PT Vidio Dot Com (Vidio.com), serta PT Binary Ventura Indonesia yang memiliki 60% saham PT Estha Yudha Ekatama (EYE Corp.). Akuisisi ketiga perusahaan ini rencananya akan dieksekusi akhir bulan ini.

SCMA telah mendapatkan restu dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) soal akusisi tersebut. RUPSLB yang diadakan di SCTV Tower, Jakarta, Kamis (16/5) juga untuk permintaan restu Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) atau private placement.

Private placement yang bakal mereka lakukan merupakan langkah untuk mencari pendaan dalam mengakusisi tiga perusahaan milik EMTK. Hasilnya, RUPSLB tadi memberi lampu hijau untuk melakukan private placement maksimal sebesar 10% yang bisa dilaksanakan dalam tempo waktu 2 tahun. 

(Baca: Raup Laba Rp 1,4 T di 2018, Surya Citra Media Tebar Dividen Rp 742 M)

Namun, untuk proses akusisi, private placement yang bakal dieksekusi hanya 1% yang targetnya dilakukan pada bulan ini, dengan investor strategis yang siap menyuntukan modal adalah induk mereka sendiri, yaitu EMTK. "Untuk private placement, saat ini belum ada investor strategis selain EMTK yang bisa diungkapkan sekarang," kata Direktur Utama SCMA Sutanto Hartono usai RUPST.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...