Tips Agar Uang THR Tidak Lenyap dalam Sekejap

Pingit Aria
17 Mei 2019, 17:33
Penjual jasa penukaran uang baru menawarkan uang baru yang banyak dibutuhkan selama Lebaran di sekitar Alun-alun Kota Madiun, Jawa Timur, Senin (13/5/2019). Penjual jasa tersebut memungut tambahan 10 persen dari jumlah uang yang ditukarkan untuk uang peca
ANTARA FOTO/SISWOWIDODO
Penjual jasa penukaran uang baru menawarkan uang baru yang banyak dibutuhkan selama Lebaran di sekitar Alun-alun Kota Madiun, Jawa Timur, Senin (13/5/2019). Penjual jasa tersebut memungut tambahan 10 persen dari jumlah uang yang ditukarkan untuk uang pecahan Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000, Rp20.000, sedangkan untuk uang pecahan Rp1.000 ribu dikenakan uang jasa 20 persen karena alasan masih baru dan belum banyak beredar.

Tunjangan Hari Raya (THR) bagi karyawan, baik pegawai negeri maupun swasta akan dicairkan pada pekan depan. THR diberikan guna membantu masyarakat untuk membeli kebutuhan lebaran.

Menerima THR bersamaan dengan gaji mungkin terasa seperti surga. Namun, hendaknya Anda tetap bijak dalam memilah antara kebutuhan dan keinginan.

Berikut beberapa tips agar THR tak lenyap dalam sekejap:

1. Alokasikan dengan bijak

Tahun ini, sebagian besar karyawan di Indonesia akan menerima THR hampir bersamaan dengan gaji bulanan. Sebelum mulai membelanjakannya, buat alokasi dana yang akan digunakan untuk lebaran.

Berapa persen dari gaji dan THR yang akan Anda dapatkan untuk membeli kebutuhan mudik dan bersilaturahmi, dan berapa persen yang akan ditabung.

(Baca juga: Selama Ramadan, Pencarian Belanja di Google Melonjak 40%)

2. Zakat dan Donasi

Agar THR Anda berkah, gunakan sebagian dari THR yang Anda dapatkan untuk berdonasi. Bulan Ramadan juga saat yang tepat untuk menunaikan zakat fitrah dan zakal maal.

Saat ini banyak channel yang bisa Anda manfaatkan untuk berdonasi, mulai dari platform offline hingga online.

3. Manfaatkan Promo dari Peretail dan e-Commerce

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...