Pertamina Tunjuk Pertagas - PGN Garap Proyek Pipa di Blok Rokan

Image title
21 Mei 2019, 16:10
blok rokan
Katadata
Ilustrasi, Pertamina menunjuk Pertagas dan PGN mengerjakan proyek pipa minyak Blok Rokan.

PT Pertamina (Persero) akan melakukan penggantian pipa minyak sebagai bagian dari rencana transisi di Blok Rokan. Direktur Hulu Pertamina Dharmawan Samsu mengatakan Pertamina sudah menunjuk PT Pertamina Gas (Pertagas) dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) untuk mengerjakan proyek tersebut.

Sejauh ini Pertamina sudah melakukan Front End Engineering Design (FEED) proyek pipa minyak Blok Rokan. Pertamina berharap tahap konstruksi bisa dilakukan pada akhir tahun 2019. "Mungkin akhir tahun ini sudah melakukan pembangunan fisik," kata Dharmawan saat ditemui di Kantor Pusat Pertamina beberapa waktu lalu.

Advertisement

(Baca: Pertamina, Chevron, dan SKK Migas Bahas Tiga Opsi Transfer Blok Rokan)

Perkiraannya, proyek penggantian pipa minyak Blok Rokan bisa selesai  2021. Sehingga Pertamina bisa menjaga kehandalan produksi Blok Rokan ketika alih kelola dari Chevron Pacific Indonesia (CPI) pada 9 Agustus 2021 mendatang.

Untuk mempersiapkan alih kelola Blok Rokan, Pertamina telah resmi membentuk anak usaha baru, yakni PT Pertamina Hulu Rokan. Anak usaha ini yang akan mengambil alih pengelolaan Blok Rokan setelah kontrak dengan Chevron berakhir dua tahun lagi.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement