Bantu Penjual, Tokopedia Buka Jaringan Logistik TokoCabang di 3 Kota

Penulis: Cindy Mutia Annur

Editor: Pingit Aria

22/5/2019, 10.56 WIB

Lewat fasilitas logistik TokoCabang, mitra penjual Tokopedia bisa menitipkan stok produknya sehingga pengiriman ke konsumen akan lebih cepat.

Tokopedia membangun Tokopedia Care di DI Yogyakarta dan Semarang.
Tokopedia
Tokopedia membangun Tokopedia Care di DI Yogyakarta dan Semarang.

Tokopedia luncurkan jaringan gudang pintar bernama TokoCabang di tiga kota, yakni Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Layanan gudang ini bertujuan untuk membantu para penjual di marketplace tersebut dalam memenuhi pesanannya.

Head of Fulfillment Tokopedia, Erwin Dwi Saputra mengatakan, mitra penjual Tokopedia bisa menitipkan stok produknya di fasilitas gudang TokoCabang. Fasilitas tersebut juga dilengkapi dengan teknologi pendukung logistik yang mumpuni.

“Kami juga akan membantu menangani pesanan yang masuk, mengemas pesanan, hingga menyerahkannya ke kurir pengiriman,” ujar Erwin dalam siaran pers, Selasa (21/2).

Menurutnya, jaringan TokoCabang akan dikembangkan ke kota-kota lainnya hingga menjangkau seluruh penjuru di Indonesia. Dengan begitu, penjual akan lebih mudah memenuhi pesanan terutama di musim ramai seperti di bulan Ramadan.

(Baca: Riset: Mayoritas Konsumen Pakai THR untuk Belanja di E-commerce)

Ia melanjutkan, saat ini penjual bisa memanfaatkan layanan TokoCabang secara gratis selama 30 hari, kemudian membayar biaya jasa layanan sebesar Rp 3.000 untuk setiap barang yang terjual. Menurutnya, keberadaan TokoCabang memungkinkan penjual di Tokopedia menjangkau lebih banyak pembeli.

Ia menjelaskan, dengan layanan pemenuhan pesanan tersebut, pemilik toko kini tidak perlu lagi khawatir memikirkan isu operasional pemenuhan pesanan, apalagi ketika menghadapi kenaikan pesanan.

Ia optimistis layanan TokoCabang akan membantu siapapun untuk bisa mengembangkan bisnisnya dengan lebih mudah.  “Hal ini membuat kami selangkah lebih dekat dalam mewujudkan misi besar untuk Indonesia, yaitu pemerataan ekonomi secara digital,” ujarnya.

Ke depannya, Tokopedia akan mengembangkan teknologi analitik yang dapat memberikan informasi yang lebih kepada penjual untuk menempatkan stok barang di lokasi yang permintaannya sedang tinggi.

(Baca: OVO Luncurkan Layanan PayLater di 200 Ribu Mitra)

“Dengan adanya TokoCabang memungkinkan pembeli di berbagai daerah di Indonesia bisa mendapatkan lebih banyak pilihan barang yang dapat diterima lebih cepat dan dengan ongkos kirim lebih murah,” ujarnya.

Reporter: Cindy Mutia Annur

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan