WhatsApp, Instagram dan Facebook Kembali Alami Gangguan

Penulis: Desy Setyowati

22/5/2019, 14.31 WIB

Pengguna Instagram, WhatsApp, dan Facebook di beberapa negara mengeluhkan gangguan ketiga aplikasi ini.

Facebook, Instagram down
Katadata
Ilustrasi. Facebook, Instagram down

Platform media sosial Instagram dan Facebook mengalami gangguan atau down pada hari ini (22/5). Aplikasi percakapan WhatsApp, yang merupakan anak usaha Facebook juga mengalami gangguan.

Warganet pun ramai-ramai mengeluhkan gangguan ketiga aplikasi ini di Twitter. Alhasil, #InstagramDown pun menjadi topik populer di Twitter. “Instagram, Facebook, dan WhatsApp down. Memang Twitter selalu ada dan setia,” kata salah seorang warganet dengan nama akun @missicalea_, Rabu (22/5).

Warganet lainnya, yakni @azkahafiys juga mengeluh karena tidak bisa masuk ke akun Instagram-nya. “Apa yang terjadi? Apakah hanya saya mengalami atau orang lain juga? Tolong segera diselesaikan,” kata dia.

Stanleyfelix juga memeriksa Twitter untuk mengetahui apa yang terjadi dengan Instagram dan WhatsApp. “Instagram tidak bisa digunakan. Saya coba on off paket data ponsel saya, ketika membuka Twitter saya tahu kalau Instagram alami gangguan,” katanya melalui akun @Stanleyfelix.

(Baca: Gangguan Atas Facebook, Instagram, dan Whatsapp Terjadi di Tiga Benua)

Berdasarkan data Down Detector, pengguna Instagram di berbagai negara mengeluhkan gangguan sejak 16.00 Eastern Daylight Time (EDT) atau 12.00 WIB hingga saat ini. Warganet mengeluh tidak bisa masuk ke akun Instagram-nya. Ada juga yang mengeluh karena tidak bisa memperbarui linimasanya di Instagram.

Sedangkan gangguan pada Facebook  dan WhatsApp dikeluhkan oleh pengguna di seluruh dunia sejak 17.00 EDT atau 13.00 WIB hingga saat ini. Pengguna mengeluh karena tidak bisa mengirim atau menerima pesan di Instagram. Pengguna juga tidak bisa masuk ke akun Facebook-nya.

Pada awal Maret lalu, ketiga aplikasi ini dan Messenger juga mengalami gangguan. Gangguan yang terjadi selama lebih dari 12 jam dan memengaruhi pengguna keempat platform tersebut di seluruh dunia. Gangguan itu pun menjadi yang terparah sejak 2004.

(Baca: Gangguan Sistem Facebook Dkk Terparah Sejak 2004)

Kejadian serupa pernah dialami platform di bawah naungan Facebook tersebut pada tahun lalu dan awal 2019. Pada November 2018, pengguna di beberapa bagian Amerika Utara kesulitan mengakses layanan Facebook dan Instagram.Di Indonesia, gangguan tersebut hanya terjadi sekitar 30 menit pada tengah malam.

Saat itu, Facebook menjelaskan bahwa sempat terjadi bug atau kesalahan pada server mereka yang mengakibatkan pengguna kesulitan mengakses ketiga aplikasi tersebut. "Hari ini dan sebelumnya, bug di server kami menyebabkan beberapa orang kesulitan mengakses aplikasi. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya," kata Facebook.

(Baca: Facebook, Instagram, Whatsapp Sempat Alami Gangguan Berjam-jam)

Reporter: Desy Setyowati

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan