IFC Siap Investasi Rp 4,3 Triliun ke Perusahaan Pariwisata Indonesia

Michael Reily
23 Mei 2019, 17:36
investasi pariwisata indonesia
ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI
Sirkuit MotorGP di Mandalika menjadi salah satu nilai tambah Indonesia di sektor pariwisata. Tahun ini, IFC berencana untuk berinvestasi Rp 4,3 triliun ke perusahaan yang bergerak di sektor pariwisata indonesia.

Korporasi Keuangan Internasional atau International Finance Corporation (IFC), anggota dari Grup Bank Dunia, menyatakan komitmennya berinvestasi US$ 300 juta atau sekitar Rp 4,3 triliun untuk perusahaan yang bergerak di sektor pariwisata Indonesia. Komitmen itu bakal masuk pada tahun pajak antara Juli 2019 hingga Juni 2020.

Namun, IFC belum bisa memberitakan perusahaan penerima investasi . "Target sebesar US$ 300 juta sudah siap untuk investasi kepada perusahaan yang melakukan operasi pengembangan bisnis pariwisata di Indonesia," kata Country Manager IFC untuk Indonesia, Malaysia, dan Timor Leste, Azzam Khan, melansir DealStreetAsia, Kamis (23/5).

Advertisement

IFC juga telah menyetujui pinjaman senilai US$ 10 juta kepada perusahaan kapal mewah Aqua Expeditions asal Singapura. Dana pinjaman tersebut akan digunakan untuk ekspansi wilayah wisata di Indonesia.

Aqua Expeditions bakal menambah kapal untuk menawarkan jasa pelayaran di timur Indonesia. Rute yang bakal mereka lewati adalah Ambon, Raja Ampat, Maumere, Pulau Komodo, dan Labuan Bajo. Sebagian besar merupakan pengembangan pariwisata utama.

Kementerian Pariwisata memang secara aktif mendorong 10 Bali Baru dengan empat wilayah super prioritas. Target menargetkan pendapatan devisa tahun ini mencapai US$ 20 miliar. Tahun lalu, realisasi devisa dari pariwisata telah mencapai US$ 16,1 miliar.

(Baca: Tingkatkan Wisata dan Destinasi Digital, Menpar Usulkan Bentuk KEK)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement