East Ventures Suntik Modal Startup Logistik, Triplogic

Desy Setyowati
30 April 2019, 12:57
Armada Triplogic
East Ventures
Armada Triplogic

Perusahaan rintisan di bidang logistik on-demand, Triplogic mengumumkan pendanaan tahap awal dari modal ventura, East Ventures. Hanya saja, Triplogic enggan menyebutkan besaran investasi yang diterima.

Co-founder dan CEO Triplogic Oki Earlivan menyampaikan, dana segar ini rencananya digunakan untuk memperluas jaringan logistik perusahaan. Caranya, dengan menggandeng lebih banyak mitra Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sebagai titik pengiriman barang (drop shipping point).

Advertisement

Saat ini, Triplogic bermitra dengan 1.600 UKM dan beroperasi di 61 kota di Indonesia. “Kami adalah perusahaan logistik yang menyediakan solusi lengkap dari hulu ke hilir, mulai dari logistik, pengiriman paket, pengemasan, dan distribusi untuk UKM,” ujar Oki dalam siaran pers, Selasa (30/4).

(Baca: Didukung Unilever, Startup Logistik Asal Malaysia Siap Masuk Indonesia)

Oleh sebab itu, startup logistik ini menyebut bahwa perusahaan mereka bergerak di bidang logistics-as-a-service (LAAS). “Kami terus berfokus menciptakan ekosistem rantai pasokan yang kuat,” kata Oki.

Ia menyebutkan, perusahaannya melayani ribuan pengiriman per harinya. Pertumbuhan nilai transaksi (Gross Merchandise Volume/GMV) mencapai 34 kali lipat. Triplogic pun berencana membangun lebih dari 15 ribu titik pengiriman pada tahun ini. Tambahan dana ini juga akan digunakan untuk meningkatkan kualitas produk dan teknologi.

(Baca: Tumbuh Pesat, Startup Logistik Waresix Optimistis Hasilkan Laba)

Partner East Ventures Melisa Irene menambahkan, perusahaannya telah berinvestasi di sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang industri perdagangan dan rantai pasokan. Startup itu di antaranya Waresix, Warung Pintar, Sirclo, dan lainnya. “Kami sangat gembira melihat perkembangan ekosistem kami,” kata dia.

Ia menjelaskan, platform e-commerce yang mereka danai telah memberikan nilai tambah bagi masyarakat. Sebab, e-commerce tersebut mempermudah konsumen mendapatkan produk yang diinginkan dan menciptakan pengalaman online ke offline yang mulus. “Kami menyadari bahwa Triplogic, sebagai pemain logistik last mile, cocok untuk melengkapi ekosistem rantai pasokan kami selama ini,” ujarnya.

(Baca: Gojek Gandeng Garuda Indonesia untuk Perkuat Layanan Logistik)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement