Startup Pertanian TaniGroup Peroleh Tambahan Modal Rp 144 Miliar

Desy Setyowati
27 Mei 2019, 16:28
Pertanian, TaniGroup, TaniHub dan TaniFund
Tanihub
TaniGroup memperoleh tambahan modal untuk mempercepat ekspansi layanan.

Startup di bidang pertanian, TaniGroup, mengumumkan perolehan pendanaan Seri A US$ 10 juta atau sekitar Rp 144 miliar. Pendanaan itu dipimpin oleh Openspace Ventures, dengan partisipasi Intudo Ventures, Golden Gate Ventures, dan akselerator fintech besutan Bill and Melinda Gates Foundation, The DFS Lab.

President dan Co-Founder TaniGroup Pamitra Wineka mengatakan, tambahan modal tersebut akan digunakan untuk mempercepat ekspansi layanan dan pengembangan produk di Indonesia. Investasi ini melengkapi pendanaan Pra-Seri A dari Alpha JWC Ventures dan beberapa angel investor pada awal 2018.

TaniGroup ini terdiri dari TaniHub dan TaniFund. Petani bisa mengakses saluran permintaan melalui TaniHub dan mendapatkan pendanaan untuk budidaya lewat TaniFund. “Kami juga akan mengembangkan beberapa platform pendukung lainnya untuk perbaikan dalam pengambilan keputusan terkait pertanian,” kata dia dalam siaran pers, Senin (27/5).

(Baca: Tanihub, Startup Pertanian yang Disebut Jokowi dalam Debat Capres)

CEO dan Co-Founder TaniGroup Ivan Arie Sustiawan menambahkan, perusahaannya bakal menggandeng startup lainnya di biang pertanian dalam waktu dekat. Menurut dia, potensi sektor pertanian di Indonesia masih besar dan sangat tradisional. Karena itu, perlu kolaborasi untuk bisa memaksimalkan potensi tersebut.

Apalagi, ia mencatat ada banyak persoalan di sektor pertanian yang bisa diatasi lewat kolaborasi. “Banyak petani masih membutuhkan bantuan dan kesempatan untuk membangun rantai pasok yang lebih kuat dalam rangka menyediakan hasil tani yang bagus kepada masyarakat Indonesia dengan harga yang terbaik,” kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...