Tiga Operator Proyeksi Trafik Data Naik 30% Selama Mudik Lebaran

Cindy Mutia Annur
29 Mei 2019, 16:20
Layanan data naik selama mudik lebaran, Telkomsel, XL Axiata, dan Smartfren, Trafik Data, Mudik Lebaran 2019
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Telkomsel, XL Axiata, dan Smartfren memperkirakan, permintaan layanan data naik hingga 30% selama musim mudik lebaran.

Telkomsel, XL Axiata, dan Smartfren memperkirakan, trafik data meningkat hingga 30% selama musim mudik Lebaran 2019. Ketiga perusahaan telekomunikasi ini pun mempersiapkan kapasitas jaringannya, supaya bisa memenuhi kenaikan permintaan layanan data tersebut.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah memperkirakan, trafik data meningkat 21% selama musim mudik lebaran dibandingkan hari biasanya. Bila dibandingkan musim mudik lebaran tahun lalu ada kenaikan trafik data 66%.

Advertisement

Menurut dia, kenaikan penggunaan layanan data didorong oleh perilaku pengguna yang gemar mengunggah foto dan video di lokasi mudik dan wisata ke media sosial dan aplikasi pesan instan. “Penggunaan layanan data mendomanasi aktivitas pemudik dan wisatawan di Indonesia,” ujar dia kepada Katadata.co.id, Rabu (29/5).

(Baca: XL dan Indosat Antisipasi Kenaikan Trafik Data Ramadan dan Lebaran)

Pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk mengakses berbagai informasi dan direktori kuliner, penginapan, dan beragam aktivitas seni dan budaya yang bisa dilakukan di lokasi mudik dan wisata. Sebagian pengguna lainnya menggunakan layanan data untuk membuka platform hiburan seperti video, musik, dan gim online.

Untuk mengantisipasi kenaikan tersebut, Telkomsel telah menambah 10 ribu base transceiver station (BTS) 4G di seluruh pita frekuensinya. "Kami menjamin pelanggan dapat menikmati pengalaman menggunakan layanan broadband secara optimal dan prima,” ujar Ririek.

Selain itu, Telkomsel mengoperasikan 70 mobile BTS. Telkomsel juga menambah kapasitas gateway internet 15% dari kapasitas existing menjadi 4.700 Gbps, menaikan kapasitas sistem IT dan layanan isi ulang pulsa.

Sekadar informasi, Ririek resmi menjadi Direktur Utama Telekomunikasi Indonesia (Telkom). Berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST)  pada hari ini (29/5), Emma Sri Martini menjabat sebagai Dirut Telkomsel menggantikan Ririek.

(Baca: Trafik Data Telkomsel, XL dan Indosat Naik Hingga 100% saat Lebaran)

XL Axiata juga memperkirakan, layanan data naik hingga 30% selama musim mudik lebaran tahun ini. "Untuk kesiapan jaringan menyambut Lebaran, kami telah meningkatkan kapasitas baik di jaringan inti, transmisi, juga kapasitas radio di jalur mudik," ujar Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement