Produksi Minyak Pertamina EP Capai 85 Ribu BOPD hingga Akhir Mei

Image title
30 Mei 2019, 14:12
Pertamina EP
Pertamina EP
Produksi minyak Pertamina EP hingga akhir Mei Capai 85.000 BOPD

PT Pertamina EP (PEP), anak perusahaan PT Pertamina (Persero) sekaligus Kontraktor Kontrak Kerja Sama di bawah pengawasan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) akhirnya berhasil mencapai target produksi minyak di bulan Ramadan.

Presiden Direktur Pertamina EP, Nanang Abdul Manaf mengatakan produksi minyak Pertamina Ep saat ini mencapai 85 ribu barel per hari (barrel oil per day/BOPD). Capaian produksi tersebut sesuai dengan target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019.

Pencapaian produksi minyak tersebut didapat dari tambahan produksi di beberapa sumur migas di wilayah Asset 3 dan Asset 5 pada bulan Ramadhan 1440 H ini. Untuk wilayah Asset 3, pencapaian produksi didapat dari Jatibarang Field sumur ABG-B2 (ABG-06) dengan hasil 1.096 barrel oil per day (BOPD) dan sumur AMJ-01 dengan produksi 464 BOPD.

Sedangkan di wilayah Asset 5 didapat dari sumur B-1811 (B-194) di Bunyu Field dengan hasil 476 BOPD minyak dan 0.383 MMSCFD, serta sumur ST-D12 (ST-194) di Sangatta Field yang memproduksi minyak 950 BOPD.

Biarpun begitu, Pertamina EP masih kesulitan meningkatkan produksi gas seperti tahun lalu yang bisa mencapai 1022 mmscfd. Hingga April, produksi gas Pertamina EP baru mencapai 965 mmscfd.

Nanang bilang penurunan produksi gas dibandingkan tahun lalu karena terdapat penurunan produksi gas utama di Lapangan Musi. Penurunan produksi gas dari lapangan tersebut mencapai hingga 40 mmscfd.

"Produksinya turun karena kami mau mengelola reservoir dengan baik. Kami bisa paksakan produksi tapi umur reservoir-nya pendek. Padahal kami inginnya suplai gas terus untuk pelanggan kami di Sumatera seperti Pusri,"ujar Nanang dalam kegiatan Buka Puasa Bersama Media di Jakarta, Rabu (29/05).

(Baca: Pertamina Alokasikan Rp 27,4 Triliun untuk 98 Proyek Hulu Migas)

Halaman:
Reporter: Febrina Ratna Iskana
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...