Kementerian BUMN Masih Seleksi Pengganti Dirut PLN Sofyan Basir

Michael Reily
10 Juni 2019, 19:07
direktur utama PLN yang baru, kementerian bumn, sofyan basir, kpk
Arief Kamaludin|KATADATA
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih melakukan pemilihan direktur utama PLN yang baru, pengganti Sofyan Basir.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih melakukan pemilihan direktur utama PLN yang baru. Direktur utama sebelumnya, Sofyan Basir, telah mundur setelah Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkannya sebagai tersangka dalam kasus suap Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Riau 1. 

Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro menyatakan proses pemilihannya berlangsung selektif. "Masih proses, PLN itu perusahaan besar, saat ini asetnya paling besar, perlu hati-hati untuk memilih orang," kata Imam di Jakarta, Senin (10/6).

Dia mengungkapkan Kementerian BUMN akan mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), tetapi harus memiliki kualifikasi yang tepat. Saat ini, proses seleksi masih berlangsung dengan calon dari internal PLN serta eksternal.

Imam menjelaskan proses seleksi yang tepat harus memenuhi syarat assesment center, uji kelayakan dan kepatutan, serta tes secara independen. "Calon ada internal, ada juga dari eksternal," ujarnya. Kementerian BUMN juga menimbang posisi itu dari jajaran direksi internal.

(Baca: Djoko Abumanan, Pejabat Karier PLN yang Mengisi Kursi Sofyan Basir)

Ia mengungkapkan jajaran direksi PLN memiliki kapabilitas untuk menjadi orang nomor satu di perusahaan. "Kuat semua, tinggal cari leadership paling bagus, tinggal ditimbang," katanya lagi.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...