SKK Migas Prediksi Rencana Pengembangan Blok Masela Disahkan Bulan Ini

Image title
10 Juni 2019, 20:38
PoD blok masela inpex, HoA Blok Masela G20
Katadata
Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menargetkan kesepakatan kerja sama (HoA) antara pemerintah dengan Inpex dan Shell ditandatangani pada pertengahan Juni 2019. Sedangkan rencana pengembangan (PoD) pada akhir Juni.

Pemerintah berharap rencana pengembangan (PoD) Blok Masela segera rampung sehingga bisa disahkan pada Juni ini. Apalagi, pemerintah dengan Inpex Corporation selaku kontraktor Blok Masela telah menyepakati pokok-pokok PoD. 

Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Dwi Soetjipto mengatakan, targetnya, kesepakatan kerja sama (HoA) antara pemerintah dengan Inpex dan kontraktor lainnya yaitu Shell Indonesia bisa ditandatangani saat forum G20 pada pertengahan Juni 2019.

Setelah itu, POD Blok Masela akan disahkan pada akhir Juni 2019. "Kalau bisa ya, ini semua kan kami usaha semaksimal mungkin. Mudah-mudahan POD di akhir bulan," ujar Dwi, Senin (10/6). Saat ini, Inpex tengah menyusun revisi PoD dan HoA. 

(Baca: Jalan Panjang Blok Masela, Kontroversi Kilang hingga Investasi Jumbo)

Dwi optimistis rencana pengembangan Blok Masela bisa segera rampung lantaran pokok-pokok PoD sudah disepakati dalam pertemuan antara pihaknya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan, serta CEO Inpex Takayuki Ueda di Tokyo, 27 Mei 2019 lalu.

Salah satu pokok yang disepakati yaitu nilai investasi berkisar US$ 18-20 miliar dengan bagi hasil gas minimal 50:50. Jika biaya pengembangan Blok Masela lebih kecil dari SU$ 18-20 miliar, maka bagi hasil negara bisa lebih dari 58%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...