AS-Tiongkok Terus Bersitegang, Mayoritas Bursa Saham Asia Tertekan

Image title
12 Juni 2019, 14:19
IHSG hari ini di zona merah imbas perang dagang
Agung Samosir|KATADATA
IHSG bergerak di zona merah sejak pembukaan perdagangan Rabu (12/6).

Mayoritas indeks di bursa saham Asia tertekan di tengah perang dagang yang terus berlanjut antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terpantau bergerak di zona merah sepanjang perdagangan Rabu (12/6) ini.

Saat berita ini ditulis, indeks Hang Seng di Hong Kong tercatat anjlok 1,82%, CSI 300 turun 0,55%, Nikkei 225 dan Topix di Jepang turun masing-masing 0,35% dan 0,45%, indeks Kospi di Korea Selatan juga turun 0,14%. Adapun IHSG ditutup melemah 0,56% ke posisi 6.270 pada perdagangan sesi pagi. Investor asing membukukan penjualan bersih Rp 377 miliar.

Advertisement

AS dan Tiongkok bernegosiasi berbulan-bulan untuk mencapai kesepakatan dagang baru, sebelum kemudian berhenti. Trump telah menerapkan tarif untuk produk impor bernilai miliaran dolar dari Tiongkok. Ia mengancam akan menerapkan tarif lebih tinggi yakni 25% untuk produk impor lainnya yang bernilai US$ 300 miliar, kecuali Presiden Tiongkok Xi Jinping bertemu dengannya saat forum G20 mendatang.

(Baca: Katadata Market Index: IHSG pada Juni Bearish Imbas Perang Dagang)

“Perdagangan masih sangat menjadi tantangan karena ketidakpastiannya,” kata Chief Equity Strategist Bloomberg Intelligence Gina Martin Adams seperti dikutip Bloomberg, Rabu (12/6). “Tidak ada yang betul-betul tahu bagaimana menghitung risiko perang dagang karena tidak mengetahui ke mana arahnya,” kata dia.

Selain perang dagang, pelaku pasar mulai mengantisipasi penurunan bunga acuan AS seiring tanda-tanda pelemahan ekonomi di negara tersebut. Sebelumnya, Gubernur Bank Sentral AS Jerome Powell menyatakan pihaknya memantau dampak perang dagang yang belum segera berakhir terhadap perekonomian. Ia pun menyatakan akan mengambil langkah yang selayaknya untuk mencapai target ketenagakerjaan dan inflasi.

Senada, Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan perang dagang masih menjadi sentimen yang menekan pasar saham, termasuk IHSG. Menurut dia, ajakan Trump untuk bertemu Xi Jinping akhir bulan nanti tidak akan terjadi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement