Lewat Proyek Langit Biru Cilacap, Kini Pertamax Setara EURO 4

Image title
18 Juni 2019, 10:20
Pertamina melalui PLBC meluncurkan BBM ramah lingkungan, Pertamax RON 92 yang disebut setara Euro 4.
Pertamina
Pertamina melalui PLBC meluncurkan BBM ramah lingkungan, Pertamax RON 92 yang disebut setara Euro 4.

PT Pertamina melalui Proyek Langit Biru Cilacap (PLBC) resmi meluncurkan produk perdana dari unit Light Naphtha Hydrotreating dan Isomerization (LN-Isom) yakni Pertamax RON 92. Bahan Bakar Minyak ini dinilai ramah lingkungan.

Direktur Mega Proyek dan Petrokimia Ignatius Tallulembang mengatakan, standar dan mutu Pertamax RON 92 setara dengan EURO 4. “Produk yang dihasilkan PLBC telah menuju setara Euro 4. Produk tersebut merupakan BBM berkualitas yang ramah lingkungan,” kata Tallulembang dalam siaran pers, kemarin (17/6).

(Baca: Proyek Langit Biru Cilacap Rampung, Produksi Pertamax Pertamina Naik)

Pertamina mengadopsi teknologi terkini dalam membangun proyek PLBC. Hal ini untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produk BBM. Salah satunya, meningkatkan kualitas gasoline yang sebelumnya RON 88 menjadi RON 100 yang setara dengan EURO 4. 

Kini, Pertamina melalui PLBC resmi meluncurkan Pertamax RON 92. "Ini menjadi sejarah baru bagi Indonesia. Pertamina melalui PLBC menunjukkan komitmennya untuk menjaga kedaulatan energi nasional dan menurunkan impor, yang pada akhirnya berkontribusi bagi penerimaan negara,” kata Deputi I Kepala Staff Kepresidenan Darmawan Prasodjo.

Darmawan menyampaikan, Pertamina memiliki tugas menjaga ketahanan energi di Indonesia. Melalui PLBC, Pertamina sudah menunjukkan komitmen dalam menjaga ketahanan energi nasional. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...