Tokopedia Cetak Rekor Transaksi Rp 18,5 Triliun Selama Ramadan

Cindy Mutia Annur
19 Juni 2019, 20:50
Tokopedia Cetak Rekor Transaksi Rp 18,5 Triliun Selama Ramadan
ilustrasi/Tokopedia

Perusahaan e-commerce Tokopedia membukukan transaksi gross merchandise value US$ 1,3 miliar atau sekitar dari Rp 18,5 triliun sepanjang Mei 2019. Angka tersebut salah satunya ditopang oleh transaksi harian pada puncak program Ramadan Ekstra 17 Mei lalu.

Pendiri dan Co-Founder  Tokopedia William Tanuwijaya mengatakan transaksi tersebut sebagai rekor penjualan tertinggi. Angka itu bahkan lebih besar dibandingkan akumulasi penjualan yang pernah dicapai Tokopedia selama enam tahun sejak awal berdiri.

Transaksi selama program terjadi di 97 % kecamatan di Indonesia yang melibatkan 5,9 juta merchant di seluruh pelosok Indonesia, di mana mayoritas penjual adalah pebisnis baru. “Pencapaian ini merupakan dampak pemerataan ekonomi digital yang mulai terasa,” ujar William di Jakarta, Rabu (19/6).

(Baca: Jelang Lebaran, Perusahaan Logistik Prediksi Pengiriman Melonjak 50%)

Dia mengklaim Tokopedia saat ini telah berkontribusi 1 % terhadap ekonomi di Indonesia. Tokopedia mencatat, selama Ramadan Ekstra 2019, ada lebih dari 6 ribu barang yang terjual setiap menitnya pada saat periode puncak  dengan kunjungan 2.500 kali  per detik.

Barang yang menjadi tren selama Ramadan tahun ini adalah busana atau fesyen seperti baju muslim dan baju koko. Menurutnya, penjualan baju koko tahun ini meningkat lebih dari 7 kali lipat dibanding Ramadan tahun lalu.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...