J&T Resmi Beroperasi di Filipina dan Thailand Tahun Ini

Cindy Mutia Annur
20 Juni 2019, 06:40
J&T Express rambah pasar Filipina dan Thailand.
J&T Express
Awal tahun ini, J&T Express rambah pasar Filipina dan Thailand.

Perusahaan penyedia layanan logistik J&T Express resmi merambah pasar Filipina dan Thailand pada awal tahun ini. J&T juga sudah beroperasi di Malaysia dan Vietnam pada akhir tahun lalu.

Selain J&T, perusahaan e-commerce seperti Lazada, Shopee, dan Bukalapak mulai membuka ekspor ke beberapa negara tetangga. J&T pun sudah bermitra dengan Lazada dan Shopee di Indonesia. Hal ini menjadi peluang bagi J&T untuk memperluas pasar di keempat negara tersebut.

Advertisement

J&T pun kembali membuka peluang untuk merambah pasar di negara lain. “Karena mereka (e-commerce) sudah ada di regional, otomatis kami juga terbuka di sana untuk mendukung mereka,” kata Key Account Manager J&T Express Iwan Senjaya di Jakarta, kemarin (19/6).

(Baca: J&T Siapkan Rp 1,3 Triliun untuk Ekspansi ke Empat Negara)

Lazada misalnya, beroperasi di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Lazada juga sudah membuka layanan ekspor dari Indonesia. Shopee juga hadir di Singapura, Malaysia, Filipina, ThailandVietnam, dan Taiwan. Perusahaan asal Singapura ini pun berencana membuka layanan ekspor dari Tanah Air.

Salah satu unicorn nasional, Bukalapak juga merambah pasar Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Hong Kong, dan Taiwan. Pasar-pasar yang dirambah para e-commerce ini juga menjadi peluang bagi J&T.

(Baca: Ekspor ke Malaysia hingga Hong Kong, Bukalapak Bakal Rilis BukaGlobal)

Namun, Iwan enggan menjabarkan detail perkembangan pemesanan layanan logistik di keempat negara tersebut. Ia hanya menjelaskan, pertumbuhan di keempat negara itu sangat berbeda dibanding di Indonesia. “Di sini tingkat trafiknya signifikan,” kata dia.

Berdasarkan Statista, nilai pasar e-commerce di Thailand diproyeksi mencapai US$ 3,42 miliar pada 2020. Penetrasi pasar e-commerce di Negeri Gajah Putih itu pun diperkirakan naik dari 57,4% tahun ini menjadi  67% pada 2023.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement