Sidang MK Berjalan Lancar, Rupiah Menguat ke Rp 14.095 per dolar AS

Agatha Olivia Victoria
21 Juni 2019, 10:17
Nilai tukar rupiah menguat
Arief Kamaludin|KATADATA
Nilai tukar rupiah hari ini (21/6) menguat 0,37% dibanding penutupan perdagangan Kamis (20/6) malam.

Nilai tukar rupiah hari ini (21/6) menguat 0,37% dibanding penutupan perdagangan Kamis (20/6) malam sebesar Rp 14.130 per dolar AS. Mengutip situs Bloomberg, rupiah menyentuh Rp 14.095 per dolar AS pada pukul 10.00 WIB.

Direktur Riset Center Of Reform on Economics (CORE) Indonesia Pieter Abdullah Redjalam menyampaikan, sidang sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) berjalan kondusif. Karena itu, menurutnya investor semakin yakin dengan pertahanan dan keamanan Indonesia.

Keyakinan tersebut terlihat dari penguatan rupiah terhadap dolar AS. "Investor bisa melihat proses MK berjalan lancar dan damai. Jadi tidak ada faktor yang mengancam aliran modal yang berdampak ke rupiah," kata dia kepada Katadata.co.id, Jumat (21/6).

(Baca: Dana Asing yang Masuk ke RI Hingga Medio Juni Capai Rp 120 Triliun)

Pieter menambahkan, situasi sekarang ini berdampak positif terhadap perekonomian Indonesia. Sebelumnya, investor sempat khawatir bakal terjadi kerusuhan seperti 21-22 Mei. Namun, sidang sengketa Pilpres di MK yang berlangsung sejak 14 Juni lalu ini berjalan normal tanpa kerusuhan.

Karena itu, menurutnya investor kembali percaya dengan perekonomian Indonesia. Selain itu, Bank Indonesia (BI) yang menahan suku bunga tetap 6% turut mempengaruhi penguatan rupiah. "Penahanan suku bunga ini menyebabkan aliran modal yang masuk ke Indonesia masih terus terjaga," katanya.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...