Penjualan Naik, PLN Catat Laba Bersih Rp 4,2 Triliun di Kuartal I-2019

Image title
25 Juni 2019, 10:31
laba bersih PLN 2019, penjualan listrik pln, laporan keuangan pln
Arief Kamaludin|KATADATA
PT PLN (Persero) mencatatkan laba bersih pada kuartal I-2019 sebesar Rp 4,2 triliun. Sedangkan, pada periode yang sama tahun lalu perusahaan rugi Rp 6,49 triliun.

PT PLN (Persero) mencatatkan laba bersih pada kuartal I-2019 sebesar Rp 4,2 triliun. Sedangkan, pada periode yang sama tahun lalu perusahaan rugi Rp 6,49 triliun. Laba bersih ini ditopang oleh pertumbuhan penjualan, peningkatan kinerja operasi dan keuangan, serta efisiensi.

Pelaksana Tugas Direktur Utama PLN Djoko R. Abumanan mengatakan penjualan listrik kuartal pertama lalu naik 6,11% menjadi Rp 3,8 triliun jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Selain itu, pertumbuhan pelanggan juga turut mengalami kenaikan sebesar 3,8 juta dengan daya yang terjual 3,04 terra watt hour (TWh).

Advertisement

"Kenaikan konsumsi listrik ini didominasi oleh pertumbuhan pelanggan sektor bisnis, yaitu sebesar 6,76% atau 10.613 Giga Watt Hour," kata Djoko, dalam keterangan tertulisnya, pada Senin (25/6).

Perusahaan listrik milik negara itu juga berhasil meningkatkan kinerja operasi dengan menurunkan biaya sewa 
pembangkit. Misalnya, operasi Gardu Induk (GI) di Sumatera dan Kalimantan menghemat Rp 667 miliar dari efisiensi sewa pembangkit. Volume pemakaian Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk pembangkit turun 98 ribu kilo liter (kl) dibandingkan pemakaian pada April 2018. Rata-rata harga BBM turun dari Rp 11.056 liter menjadi Rp 8.835 per liter.

Lalu, PLN juga berhasil menurunkan biaya pemeliharaan pembangkit sebesar Rp 183 miliar. Menurut Djoko kinerja ini juga turut dipengaruhi oleh penguatan kurs rupiah dan penurunan harga minyak dalam negeri (Indonesian Crude Price/ ICP). "PLN terus melakukan efisiensi pada komponen biaya operasi yang berada dalam kendali perusahaan," ujarnya.

(Baca: PLN Tingkatkan Penggunaan Gas PGN Untuk Pembangkit Listrik)

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement