Jokowi Tawarkan Pesawat dan Gerbong Kereta Api ke Argentina

Dimas Jarot Bayu
26 Juni 2019, 15:07
neraca perdagangan Indonesia dengan Argentina, produk nasional
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) berjalan bersama Presiden Argentina Mauricio Macri (kedua kanan) di Istana Bogor, Rabu (26/6/2019). Presiden Joko Widodo dan Presiden Mauricio Macri dijadwalkan melangsungkan pertemuan empat mata, pertemuan bilateral serta melakukan pernyataan pers bersama.

Presiden RI Joko Widodo menawarkan beberapa produk buatan perusahaan industri strategis nasional kepada Argentina. Hal ini  disampaikan Jokowi saat menerima kunjungan kenegaraan Presiden Argentina Mauricio Macri di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/6).

Salah satu produk nasional yang ditawarkan Jokowi ke Macri adalah pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia (PTDI). Jokowi juga merekomendasikan kerja sama terkait jasa pemeliharaan pesawat dari PT Garuda Maintenance Facility (GMF) Aero Asia Tbk.

Selain itu, ia menyodorkan produk lokomotif dan gerbong berstandar internasional yang dibuat oleh PT Industri Nasional Kereta Api (INKA) kepada Macri. “Dalam pertemuan tadi, saya menawarkan produk dan jasa yang dimiliki (perusahaan di) industri strategis Indonesia,” kata dia di Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/6).

(Baca: Bentuk Tim Kerja, Target Perdagangan Indonesia-Argentina Naik 100%)

Sebagai tindak lanjut atas tawaran itu, Jokowi menyampaikan, Macri akan bertemu dengan jajaran direksi dari PTDI, PT GMF, dan PT INKA. Pertemuan itu rencananya dilakukan di Hotel Mandarin, Jakarta pada sore hari ini. 

Jokowi menyampaikan pentingnya pembukaan akses perdagangan komoditas pertanian Indonesia, supaya bisa diekspor ke Argentina. Beberapa komoditas tersebut di antaranya salak, manggis, dan nanas.

Karena itu, ia mendorong adanya upaya pendekatan antara pengusaha Indonesia dan Argentina. “Caranya, dengan mengundang partisipasi pengusaha Argentina pada Trade Expo Indonesia,” kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...