IHSG Ditutup Menguat 0,09% di Tengah Pelemahan Bursa Asia

Image title
28 Juni 2019, 19:07
IHSG menguat
ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA
Ilustrasi, sejumlah pekerja beraktivitas di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (16/4/2019). Laju positif IHSG pada perdagangan hari ini berbanding terbalik dengan bursa di Asia, yang ditutup di zona merah.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,09% ke level 6.358,6 pada perdagangan hari ini (28/6) . Investor asing mencatatkan beli bersih saham Rp 9,22 triliun, baik di pasar reguler maupun negosiasi hari ini.

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi mengatakan, salah satu penopang penguatan IHSG adalah akuisisi saham emiten karton dan kardus, PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FASW) oleh anak usaha Siam Cement Group Limited (SCG), SCG Packaging pada hari ini. Nilai transaksinya mencapai Rp 9,6 triliun.

(Baca: Investor Sambut Kemenangan Jokowi di Sidang MK, IHSG Dibuka Naik)

Laju positif IHSG pada perdagangan hari ini pun berbanding terbalik dengan bursa di Asia, yang ditutup di zona merah. Nikkei 225 Index melemah 0,29%. Lalu, Hang Seng Index dan Shnghai Composite Index terkoreksi 0,28% dan 0,6%. Sedangkan Strait Times Index menurun 0,21%.

Ia mengatakan, turunnya mayoritas saham Asia karena investor berhati-hati dalam berinvestasi, menjelang pertemuan G20 di Jepang. "Acara ini akan mempertemukan Presiden AS Donald Trump dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping dalam agenda tambahan kesepakatan perdagangan," kata Lanjar.

Hari ini, volume perdagangan pasar mencapai 27,1 miliar saham. Nilai transaksi mencapai Rp 19,19 triliun dan ditransaksikan sebanyak 428.101 kali. Ada 180 saham yang berada di zona hijau, 211 terkoreksi, dan 144 stagnan pada perdagangan hari ini.

(Baca: Siam Cement Bakal Caplok 55% Saham Fajar Surya Wisesa Senilai Rp 9,6 T)

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...