Usai Putusan MK, Pengusaha Minta Jokowi Lanjutkan Program Ekonomi

Rizky Alika
28 Juni 2019, 14:24
sidang putusan mk, program ekonomi jokowi, pertumbuhan ekonomi indonesia, investasi indonesia, nilai ekspor indonesia
(Katadata/Donang Wahyu)
Presiden Jokowi saat wawancara khusus dengan Katadata.co.id, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (27/5). Jokowi diharapkan segera mendorong nilai ekspor dan investasi di Indonesia

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menolak gugatan pasangan calon presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Dengan demikian, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ma'ruf Amin akan menjadi pasangan presiden-wakil presiden 2019-2024.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Shinta Widjaja Kamdani mengatakan, pengusaha menyambut gembira keputusan MK karena memberikan kepastian terhadap kepimpinan Jokowi.

Advertisement

Pengusaha pun berharap Jokowi dapat segera melanjutkan program ekonominya, seperti mendorong ekspor dan investasi. "Kami dari dunia usaha sudah memberikan masukan kepada presiden untuk segera melanjutkan agenda-agenda ekonomi yang harus jadi prioritas," kata Shinta kepada katadata.co.id, Jumat (28/6).

(Baca: Sambut Kemenangan Jokowi di Sidang MK, Rupiah Malah Dibuka Melemah)

Untuk dapat melanjutkan program ekonominya, Jokowi diharapkan tidak berfokus pada faktor internal saja, tetapi juga memperhatikan faktor eksternal seperti penurunan perekonomian global dan perang dagang. Apalagi dalam pertemuan G20 akan ada pertemuan antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping. 

"Jadi kombinasi antara faktor internal dan eksternal memegang peranan penting dalam perekonomian kita ke depannya," ujarnya.

Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Arif Budimanta mengatakan, keputusan MK memberikan kepastian pada pengusaha sehingga tidak lagi wait and see  berinvestasi di Indonesia. Salah satu indikatornya adalah kenaikan perdagangan di pasar modal. Pasca putusan MK, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terus naik menuju angka 6.400 pada Jumat (28/6). 

Selain itu, putusan MK juga membawa dampak positif bagi stabilitas politik Indonesia. "Aktivitas sudah berjalan normal dan perspektif positif lebih terbentuk di Indoensia, terutama dalam konteks stabilitas politik,"ujar Arif. 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement