Asosiasi Petani Sawit Bangun 3 Pabrik Minyak Goreng Mini Akhir Tahun

Penulis: Rizky Alika

Editor: Ekarina

10/7/2019, 07.11 WIB

Tiga pabrik mini memiliki rata-rata kapasitas produksi 500 kilogram per hari pada tahap awal.

Buah Sawit
ANTARA FOTO/Akbar Tado
Pekerja memperlihatkan biji buah sawit di salah satu perkebunan sawit di Topoyo, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi barat, Sabtu (25/3).

Asosiasi Petani Kelapa Sawit (Apkasindo) akan merilis tiga unit pabrik minyak goreng mini pada triwulan IV 2019. Ketua Umum Apkasindo Gulat Manurung mengatakan, pabrik tersebut memiliki rata-rata kapasitas produksi 500 kilogram per hari pada tahap awal.

"Rencana kami coba dulu skala home industry. Kalau ini memang bisa, paling tidak untuk konsumsi minyak goreng," kata dia di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Selasa (9/7).

Ketiga pabrik tersebut masing-masing berlokasi di Kalimantan Utara; Tanjung Jabung, Jambi; dan Rokan Hilir, Riau. Menurutnya, pabrik mini tersebut dibangun untuk  menyerap dan mengangkat harga tandan buah segar (TBS) petani.

(Baca: RI Tingkatkan Penetrasi Produk Minyak Kelapa Sawit ke Mesir)

Ia pun optimistis hasil produksi pabrik tersebut akan diterima di pasar karena permintaannya yang tinggi. Sebagai contoh, kebutuhan minyak goreng di Pekanbaru, Riau mencapai 37 ton per hari. Gulat juga menyatakan siap bersaing dengan produsen dari perusahaan besar.

"Perusahaan besar jual minyak goreng Rp 30 ribu per kilo. Kalau kami jual di bawahnya dengan merek petani, pasti lebih suka," ujarnya.

(Baca: Harga Sawit Fluktuatif, Pemerintah Tunda Pungutan Ekspor )

Pada tahun depan, Gulat menargetkan produksi minyak goreng dari pabrik mini meningkat mencapai 5 ton per hari. Selain itu, pabrik juga akan terus dikembangkan di area perkebunan yang  belum memiliki pabrik kelapa sawit seperti Kalimantan Barat, Kalmantan Tengah, Papua Barat, dan Sulawesi Selatan.

Dia menyebut, modal pabrik dapat berasal dari perbankan, Badan Pengelola Dana Perkebunan Sawit (BPDP) serta iuran yakni mencapai Rp 3 miliar. "Jadi kita bisa bangun pabrik minyak goreng yang dikelola koperasi atau Apkasindo," katanya.

 

Reporter: Rizky Alika

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan