Integrasikan Layanan Online-Offline, Tokopedia Gaet 200 Ribu Warung

Cindy Mutia Annur
11 Juli 2019, 06:00
e-commerce Tokopedia, warung, online dan offline
Tokopedia
Tokopedia telah menggaet 200 ribu pemilik usaha kecil melalui aplikasi terpisah, Mitra Tokopedia.

Perusahaan e-commerce Tokopedia telah menggaet 200 ribu pemilik usaha kecil melalui aplikasi terpisah, Mitra Tokopedia. Melalui layanan ini, Tokopedia menjembatani peretail online dan offline.

Peretail offline yang menjadi Mitra Tokopedia mulai dari toko kelontong, warung, kios, usaha individu dan sejenisnya. Aplikasi khusus ini diluncurkan pada November lalu. “Sejak dirilis, kami melihat antusiasme yang begitu tinggi dari masyarakat,” kata Business Head of New Retail Tokopedia Adi Putra  dalam siaran pers, Rabu (10/7).

Mitra Tokopedia bisa menyediakan produk digital seperti paket data, token listrik, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS), voucher gim dan lainnya. Produknya diperoleh dari Tokopedia.

(Baca: Ikuti Jejak Bukalapak, Tokopedia Luncurkan Aplikasi Gaet Warung)

Selain itu, mitra bisa memperoleh produk seperti makanan, minuman, dan lainnya melalui Tokopedia. Namun, layanan grosir ini baru tersedia di 17 kota yakni Bogor, Tangerang, Bekasi, Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya, Denpasar, Banda Aceh, Medan, Palembang,  Bandar Lampung, Pekanbaru, dan Sukabumi.

Perusahaan e-commerce tersebut juga merilis tiga fitur baru yakni tempo, bayar di tempat (cash on delivery/COD), dan poin hadiah. Melalui fitur tempo, pemilik warung bisa membeli barang grosir dan membayarnya kemudian hari. Jangka waktu pembayarannya 10 hari.

Tokopedia akan mengirim tagihan atas pemakaian fitur tersebut pada pekan berikutnya. Adi mengatakan, Tempo dirilis untuk memudahkan pengguna mengisi stok barang meski modalnya minim. Namun, layanan ini baru tersedia di Bekasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...