Raup Dana IPO, Pemasok Kemasan Karton ke Unilever Bangun Pabrik Baru

Image title
11 Juli 2019, 16:23
IPO Satyamitra Kemas Lestari, Ekspansi Kapasitas Produksi Satyamitra Kemas Lestari
ANTARA FOTO/Rony Muharrman
Satyamitra Kemas merupakan salah satu pemasok kertas karton untuk berbagai industri, seperti makanan minuman, elektronik, telekomunikasi, sepatu, dan lain sebagainya.

Emiten produsen kemasan karton terintegrasi PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk (SMKL) berencana membangun pabrik baru tahun ini. Perkiraan kapasitas produksinya sebesar 150 ribu ton per tahun. Dengan ekspansi ini, perusahaan menargetkan kapasitasnya meningkat dua kali lipat menjadi sekitar 300 ribu ton per tahun.

Direktur Utama Satyamitra Kemas Lestari, Ang Kinardo mengatakan, perusahaan masih mencari lokasi yang cocok untuk mendirikan pabrik baru, salah satunya di Jawa Tengah. "Kami ingin sesegera mungkin dapat dibangun," kata dia di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (11/7).

Advertisement

Saat ini, perusahaan tercatat telah mengoperasikan satu unit kantor dan pabrik di kawasan Industri Benua Permai Lestari, Tangerang, Banten seluas 14 hektare dengan bangunan 120.000 persegi. Adapun dari total kapasitas  produksi 150 ribu ton per tahun, utilisasinya telah mencapai 80%.

(Baca: Sepekan Melantai di Bursa, Ada yang Cuan 600% dari 13 Emiten Baru)

Karena itu, perusahaan menilai perlu melakukan ekspansi produksi pabrik seiring dengan pertumbuhan bisnis pelanggan. "Customer kami  terus tumbuh. Kekuatan belanja makin naik, sehingga harus tumbuh bersama," ujarnya.

SMKL merupakan perusahaan yang memproduksi beragam jenis karton gelombang (corrugated carton box) dan kemasan offset untuk berbagai industri di bidang makanan minuman, elektronik, telekomunikasi, atau sepatu yang memerlukan kotak kemasan. 

Produk perseroan telah banyak digunakan beberapa pelanggannya seperti  Unilever Group, Adidas, Indofood Group, Mayora Group, Samsung, Nestle Indonesia, J.Co Donut & Coffee, Oppo, termasuk Lenovo. Ke depan, Perseroan berencana untuk memproduksi kotak perhiasan, premium gift products, dan stationery boxes.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement