Huawei Bakal Luncurkan Ponsel 5G Pertamanya Bulan Ini

Penulis: Desy Setyowati

15/7/2019, 16.00 WIB

Belum diketahui, apakah ponsel 5G ini akan menggunakan OS Android atau HongMeng.

Huawei dikabarkan bakal meluncurkan ponsel 5G pertamanya pada bulan ini.
123RF.com
Ilustrasi ponsel Huawei. Huawei dikabarkan bakal meluncurkan ponsel 5G pertamanya pada bulan ini.

Perusahaan teknologi asal Tiongkok, Huawei dikabarkan bakal meluncurkan ponsel pintar (smartphone) yang didukung jaringan internet generasi kelima (5G) pertamanya, yang diberi nama Mate 20 X 5G pada bulan ini. Peluncuran ini sempat tertunda karena Huawei masuk daftar hitam (blacklist) terkait perdagangan di Amerika Serikat (AS).

Pemerintah Tiongkok melalui Global Times mengumumkan, Huawei Mate 20 X 5G akan diluncurkan pada 26 Juli di Negeri Panda. Namun, ponsel 5G tersebut lebih dulu dirilis di negara lain.

Di Arab Saudi misalnya, Huawei akan meluncurkan Mate 20 X 5G pada 12 Juli. “Di Italia, Huawei Mate 20 X 5G akan muncul pada 22 Juli,” demikian dikutip dari News Track Live, kemarin (14/7).

Awalnya, Huawei berencana merilis ponsel 5G tersebut di Inggris pada bulan lalu. Namun, sanksi administratif dari Presiden AS Donald Trump membuat perilisan ponsel tersebut diundur.

(Baca: Janjikan Garansi, Huawei Sebut 17 Ponselnya Bisa Diperbarui Android Q)

The Verge melaporkan, Trump mengisyaratkan pelonggaran sanksi bagi Huawei. Para pejabat AS mengatakan Huawei masih masuk dalam daftar hitam terkait perdagangan. Namun, mereka akan mengeluarkan lisensi yang memungkinkan perusahaan AS untuk berdagang dengan Huawei.

Lisensi tersebut akan dikeluarkan, jika pemerintah AS menganggap Huawei tidak mengancam keamanan nasional Negeri Paman Sam. Namun, pemerintah AS tidak merinci maksud dari ancaman keamanan nasional tersebut.

Karena itu, belum diketahui sistem operasi (operating system/OS) mana yang bakal disematkan di Mate 20 X 5G. Sebab, Google belum bisa memberikan akses Android kepada Huawei. Namun, Mate 20 X versi sebelumnya menggunakan Android 9 Pie.

Meski begitu, Huawei sudah mengembangkan sistem operasi sendiri yang diberi nama HongMeng di Tiongkok dan Ark di Eropa. Bahkan, Huawei dikabarkan tengah mendaftarkan OS baru bernama Harmony di Eropa.

(Baca: Huawei Seri P30 Resmi Dirilis, Konsumen Rela Antre Lama)

Dari segi tampilan, Mate 20 X 5G mirip dengan Mate 20 X. Layarnya 7,2 inci, menggunakan semikonduktor diode cahaya organik (Organic Light-Emitting Diode/OLED). Ponsel 5G ini memanfaatkan prosesor buatan sendiri, yakni Kirin 980.

Ponsel 5G tersebut didesain membulat di sudut atas layar alias notch. Desain ini memungkinkan ponsel menyematkan kamera depan beresolusi 24 megapiksel. Mate 20 X 5G juga memiliki tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 40 megapiksel, 8 megapiksel telefoto, dan 20 megapiksel ultra-wide.

Mate 20 X 5G dibekali baterai 5 ribu mAh dengan colokan USB type-C. Dengan begitu, pengisian daya ponsel ini digadang-gadang sangat cepat. Ponsel 5G ini memiliki RAM 8 Gigabyte (GB) dan memori pengguna 256 GB.

(Baca: Huawei Klaim Sistem Operasi Hongmeng 60% Lebih Cepat daripada Android)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan