Huawei Bakal Luncurkan Ponsel 5G Pertamanya Bulan Ini

Desy Setyowati
15 Juli 2019, 16:00
Huawei dikabarkan bakal meluncurkan ponsel 5G pertamanya pada bulan ini.
123RF.com
Ilustrasi ponsel Huawei. Huawei dikabarkan bakal meluncurkan ponsel 5G pertamanya pada bulan ini.

Perusahaan teknologi asal Tiongkok, Huawei dikabarkan bakal meluncurkan ponsel pintar (smartphone) yang didukung jaringan internet generasi kelima (5G) pertamanya, yang diberi nama Mate 20 X 5G pada bulan ini. Peluncuran ini sempat tertunda karena Huawei masuk daftar hitam (blacklist) terkait perdagangan di Amerika Serikat (AS).

Pemerintah Tiongkok melalui Global Times mengumumkan, Huawei Mate 20 X 5G akan diluncurkan pada 26 Juli di Negeri Panda. Namun, ponsel 5G tersebut lebih dulu dirilis di negara lain.

Di Arab Saudi misalnya, Huawei akan meluncurkan Mate 20 X 5G pada 12 Juli. “Di Italia, Huawei Mate 20 X 5G akan muncul pada 22 Juli,” demikian dikutip dari News Track Live, kemarin (14/7).

Awalnya, Huawei berencana merilis ponsel 5G tersebut di Inggris pada bulan lalu. Namun, sanksi administratif dari Presiden AS Donald Trump membuat perilisan ponsel tersebut diundur.

(Baca: Janjikan Garansi, Huawei Sebut 17 Ponselnya Bisa Diperbarui Android Q)

The Verge melaporkan, Trump mengisyaratkan pelonggaran sanksi bagi Huawei. Para pejabat AS mengatakan Huawei masih masuk dalam daftar hitam terkait perdagangan. Namun, mereka akan mengeluarkan lisensi yang memungkinkan perusahaan AS untuk berdagang dengan Huawei.

Lisensi tersebut akan dikeluarkan, jika pemerintah AS menganggap Huawei tidak mengancam keamanan nasional Negeri Paman Sam. Namun, pemerintah AS tidak merinci maksud dari ancaman keamanan nasional tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...