Pertamina Batal Beli Minyak Mentah dari ExxonMobil

Image title
15 Juli 2019, 19:19
pertamina serap minyak domestik, blok cepu exxonmobil
Ilustrasi, Kantor pusat PT Pertamina, Jakarta. Pertamina sudah menyerap minyak mentah domestik sebanyak 116,9 ribu BOPD dari 37 kontraktor migas.

Pertamina memutuskan tidak membeli minyak mentah (crude) produksi Blok Cepu dari ExxonMobil di semester II 2019. Alasannya, jenis minyak tidak cocok dengan kilang Pertamina. 

"Karena tipe crude-nya kami juga belum match," kata Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman kepada Katadata.co.id, akhir pekan lalu.

(Baca: Pertamina Mampu Tekan Impor Minyak Mentah, Impor BBM Masih Tinggi)

Ia menjelaskan, Pertamina akan mencari minyak mentah dari blok lain di dalam negeri. Namun, ia enggan membeberkan jumlah minyak mentah yang tengah diincar perusahaannya.

"Penambahan akan tergantung dari kesepakatan dengan melihat juga kebutuhan kilang," kata dia.

Pertamina sempat berencana membeli minyak mentah produksi Blok Cepu dari ExxonMobil. Perkiraan jumlah yang bisa dibeli sekitar 30 ribu barel per hari (BOPD). Jika ini terealisasi maka Pertamina bisa semakin mengurangi impor minyak mentah.

(Baca: Arcandra Ingin Sektor Migas Tak Dilihat Sebagai Penghasil Devisa)

Berdasarkan data Badan Pusat Stastistik (BPS), impor minyak mentah selama semester I 2019 sebesar 5,44 juta ton, lebih sedikit dari periode yang sama tahun lalu sebesar 8,94 juta ton.

Sepanjang semester I 2019, Pertamina telah menyerap minyak mentah domestik sebanyak 116,9 ribu BOPD dari 37 kontraktor migas. Jumlah tersebut lebih besar sembilan kali lipat dari serapan minyak mentah domestik Pertamina tahun lalu sebanyak 12,8 ribu bopd.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...